Bupati Dompu H. Kader Jaelani Resmi Kukuhkan Majelis Adat di Pandopo -->
Cari Berita

Iklan 970x90px

Bupati Dompu H. Kader Jaelani Resmi Kukuhkan Majelis Adat di Pandopo

Friday, November 3, 2023

 


Dompu, Infobima.com - Majelis Adat Dompu berfungsi sebagai wadah komunikasi, koordinasi dan konsultasi antara masyarakat Dompu dengan Pemerintah Daerah maupun pusat.


Pemerintah berharap majelis adat dapat terus berkontribusi dalam pembangunan daerah dalam menjaga budaya dan warisan peninggalan para leluhur.


Hal tersebut disampaikan Bupati Dompu H. Kader Jaelani melalui sambutannya pada acara pengukuhan secara resmi Majelis Adat Dompu (MAD) Masa Bhakti 2023 - 2028.


Acara pengukuhan berlangsung di Gedung PKK, Senin (30/10/23) pagi tadi.


Dalam arahannya, Bupati H. Kader Jaelani mengucapkan selamat dan mengapresiasi kepada pengurus Majelis Adat Dompu yang telah dikukuhkan.




Bupati Dompu mengajak pengurus Masyarakat Adat Dompu untuk tetap bersinergi dengan Pemerintah dalam berbagai program dan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Dompu dalam menjalankan adat istiadat dan budaya Dompu.


Bupati menyebut hingga sekarang pemerintah tidak berhenti berusaha bagaimana agar warisan budaya dou dompu bisa terwujud, salah satunya merealisasikan pembangunan replika bangunan Kesultanan Dompu (Asi).


"Mohon do'a dan dukungannya agar hal tersebut bisa sesegera mungkin terwujudkan." Ungkap Bupati AKJ (sapaan akrab Bupati Dompu).


Diakhir sambutannya ia juga mengingatkan dan mengajak generasi muda untuk mengenal dan mencintai warisan leluhur. Potensi-potensi yang ada di masyarakat dompu untuk meningkatkan kemakmuran agar daerah yang kita cintai ini menjadi darah yang Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius).


Sebelumnya, Drs. M. Sayuti Melik AM, M.Si sebagai Ketua Majelis Adat Dompu menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Dompu karena sekarang telah mendapat perhatian Pemerintah Daerah.


Ia berharap Majalelis Adat Dompu (MAD) ini terus didukung oleh Pemerintah Daerah dalam melestarikan adat istiadat dan budaya dou Dompu.


"Kami berharap kepada Pemerintah agar terus terjalin hubungan yang harmonis, kerja sama yang baik dan persaudaraan yang semakin baik di masa yang akan datang sehinggga kita akan menjadi anak bangsa yang menjadi contoh, bermartabat dan dihormati dimasa yang akan datang”, Pungkasnya.


Acara Pengukuhan Majelis Adat Dompu ini berjalan aman, tertib, dan lancar hingga akhir. Terlihat semua tamu undangan yang hadir kompak menggunakan baju adat yang memperlihatkan kearifan lokal Daerah Dompu.