Kecewa Pupuk Belum Tersalurkan, Masyarakat Desa Lune Tutup Jalan, 12 Mobil Sampah Tertahan
Cari Berita

Iklan 970x90px

Kecewa Pupuk Belum Tersalurkan, Masyarakat Desa Lune Tutup Jalan, 12 Mobil Sampah Tertahan

Thursday, January 11, 2024

 

Kondisi terkini di TPA Desa Lune, Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu 


Dompu, Infobima.com - Masyarakat Desa Lune Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu NTB, mengamuk dan melakukan pemblokiran jalan, di jalur lintas Felojanga, tepatnya di depan TPA Desa Lune, lantaran penyaluran pupuk bersubsidi oleh distributor CV. Sumber Alam melalui pengecer UD. Sarfida yang menjadi induk pengecer di Desa setempat belum ada kabarnya.


10 Mobil sampah dan 2 unit Pick up tertahan, tidak bisa keluar dari lokasi akibat hadangan yang dilakukan masyarakat petani setempat.


Masyarakat mengaku belum mau membuka akses jalan itu sebelum pupuk yang menjadi kebutuhan dasar para petani disalurkan hari ini.


Khaimudi, salah satu warga yang dimintai tanggapan atas persoalan itu mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan camat Pajo dan Kepala BPP setempat, dan menanyakan soal keterlambatan penyaluran pupuk melalui UD Sarfida.


"Kepala BPP beralasan, keterlambatan penyaluran pupuk itu akibat adanya hadangan dari masyarakat Desa Nowa kemarin. Walaupun itu alasannya, lalu kenapa Desa Ranggo dan Desa Jambu bisa disalurkan hari ini" cetusnya.


Namun Khaimudin kembali mengungkap, bahwa alasan keterlambatan penyaluran pupuk itu akibat belum disetorkan uang oleh UD Sarfida kepada distributor, berdasarkan pengakuan bendahara admin distributor CV. Sember Alam,  melalui pernyataan Khaimudin kepada media ini, Kamis 11 Januari 2024.


" Bendahara Distributor nya mengatakan bahwa UD Sarfida ini belum menyetorkan uang, padahal bukti transfernya ada ini, 100 juta nilainya" ungkapnya.


Hingga berita ini dipublis, aktivitas penghadangan jalan dilakukan masyarakat petani masih berlangsung, dan belum ada negosiasi tertentu yang dilakukan oleh unsur terkait. (D)