Peretasan Data Kian Marak, BRI Cabang Dompu Berikan " Tips and Trick " Agar Tetap Aman
Cari Berita

Iklan 970x90px

Peretasan Data Kian Marak, BRI Cabang Dompu Berikan " Tips and Trick " Agar Tetap Aman

Friday, February 2, 2024

 

Foto istimewa, Kepala Bank Cabang BRI Dompu, Fariz Sabar Taruna 


Dompu, Infobima.com - pembobolan dan peretasan data pribadi yang terjadi beberapa waktu belakangan ini kian marak, bahkan data dan akun Media sosial hingga Nomor ponsel pun tidak luput dari sasaran aksi peretasan. Seperti yang dialami oleh salah satu Nasabah Bank BRI Cabang Dompu baru-baru ini, yang diduga diretas dan saldo dalam rekeningnya lenyap puluhan juta rupiah.




Hal itu tentu saja memantik kekhawatiran publik, khususnya Masyarakat Kabupaten Dompu yang sebagian besar pengetahuannya masih awam soal teknologi informasi, terlebih lagi terkait keamanan data pribadi yang biasanya rata-rata disimpan di telepon seluler. Apalagi di era digitalisasi saat ini, sistem transaksi dan keuangan sudah di permudah oleh hampir semua lembaga perbankan, yaitu melalui beberapa pilihan aplikasi layanan.




Menyikapi isu dan keresahan publik tersebut Pimpinan BRI Cabang Dompu, Fariz Sabar Taruna, memberikan tips dan trik agar terhindar dari aksi pencurian data, terutama kepada nasabah Bank BRI sendiri. 



Fariz menyebut, hal terpenting dalam mencegah peretasan adalah dengan melakukan pergantian Password secara berkala dan menghindari membuka link atau tautan asing yang masuk ke ponsel. biasanya tautan asing tersebut di kirim via pesan langsung maupun aplikasi interaksi media sosial lainnya.



" yang utama dilakukan adalah mengganti password secara berkala dan juga hindari tautan asing yang masuk ke ponsel, biasanya tautan yang dikirim itu adalah alat bagi para peretas untuk mencuri data dan menggandakannya ", Terangnya.




Pria kelahiran Kota Solo yang juga merupakan alumni UGM Fakultas Teknik angkatan 2011 tersebut juga menyarankan agar terhindar dari pencurian dan penyalahgunaan informasi yang tersimpan di ponsel, sebaiknya setiap ingin mengunakan layanan internet agar sebisa mungkin menghindari penggunaan jaringan Wi FI publik, karena terkadang ada juga para pelaku tindak kejahatan Cyber crime yang bisa memalsukan jaringan. Biasanya modus operandi seperti ini banyak di gunakan di kota-kota besar.



" hindari penggunaan Wi fi publik, kadang juga pelakunya mampu memalsukan jaringan dan menyusup kedalam ponsel untuk meretas ", Terangnya.




Selain itu, sebagai Pimpinan Cabang BRI yang baru, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu ragu dan khawatir untuk tetap menabung di Bank, karena sistem keamanan lembaga keuangan seperti BRI, memiliki tingkat keamanan yang sangat baik. Bahkan menurut dia teknologi kecerdasan buatan seperti Artificial Intelegent (AI) belum mampu menembus.(IB).