Sori Sakolo Dicanangkan Sebagai Kampung KB
Cari Berita

Iklan 970x90px

Sori Sakolo Dicanangkan Sebagai Kampung KB

Monday, October 9, 2017





 Dompu NTB, koranlensapos.com *** Desa Sori Sakolo Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB dicanangkan sebagai Kampung KB. Acara pencanangan dilaksanakan pada Jum'at (6/10) yang dihadiri oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi NTB, Dr. H. Lalu Makripuddin, M. Si. Dalam sambutannya, Makripuddin menjelaskan bahwa tujuan program KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Karena itu, Kaper mengharapkan kerja sama dan dukungan dari pemerintah desa melalui dana desa maupun dukungan masyarakat desa Sori Sakolo secara keseluruhan agar program Kampung KB berintegrasi dengan pertanian, peternakan, dan lainnya. "Saya berharap  Kampung KB ini bukan hanya berhenti pada kegiatan seremonial ini saja tetapi tetap berkelanjutan agar tercapai kualitas kehidupan masyarakat," harapnya.

Makripuddin menjelaskan di Kampung KB harus terbentuk kelompok-kelompok masyarakat seperti Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL). Kaper BKKBN juga mengharapkan penggunaan alat kontrasepsi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) ditingkatkan dan menurunkan angka pernikahan dini. Karena pernikahan dini di desa pemekaran dari Kelurahan Bali tersebut tergolong cukup tinggi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), Gatot Gunawan, S. KM., M. Kes yang mewakili Bupati Dompu menyampaikan bahwa Pemkab Dompu sangat mendukung program KB yang dilaksanakan oleh pemerintah. "Keluarga Berencana itu bukan melarang orang melahirkan tetapi mengatur jarak kelahiran dengan tujuan untuk mencapai keluarga yang berkualitas," paparnya. Pada kesempatan tersebut, Plt. Kepala Desa Sori Sakolo, Aruji membacakan profil desa Sori Sakolo. Desa Sori Sakolo merupakan Kampung KB kedua di Kecamatan Dompu setelah Desa Mbawi yang dicanangkan tahun 2016 lalu. (Amin Dompu)