Pemerintah dan Warga Seteluk KSB Siap Tanam 10 Hektar Kelor
Cari Berita

Iklan 970x90px

Pemerintah dan Warga Seteluk KSB Siap Tanam 10 Hektar Kelor

Thursday, January 28, 2021


KSB, infobima.com - Warga Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) siap menyediakan lahan 10 hektar untuk penanaman pohon kelor.

Respon positif tersebut disampaikan oleh Pemerintah Kecamatan setempat dan para Kepala Desa setelah menerima sosialisasi dari Owner Teh Moringa Kidom, Nasrin H. Muhtar di Kantor Camat Seteluk pada Rabu (27/1/2021) pukul 13.30 Wita.

Pada kegiatan pertemuan yang dihadiri oleh Camat dan para Kepala Desa itu, sosok energik dan inspiratif yang familiar dengan sebutan Doktor Jamu itu menyampaikan tentang manfaat berbudi daya kelor. Dari sisi pelestarian lingkungan (ekologi), kelor bermanfaat untuk penghijauan guna mencegah terjadinya erosi. Dari sisi kesehatan, kelor dapat diolah menjadi makanan (sayuran) dan minuman (teh) yang menyehatkan dan meningkatkan imunitas tubuh. 
"Manfaat kelor untuk kesehatan ini sudah dilakukan penelitian oleh para ahli bahkan mereka menamakan kelor ini dengan tanaman ajaib," jelasnya.
Lebih lanjut dijelaskannya fungsi kelor dari sisi ekonomi yaitu bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat yang membudidayakannya. 

"Perusahaan Tri Utami Jaya siap membeli daun kelor kering dari masyarakat di sini dengan harga 15 ribu per kilogram," tuturnya.


Menanggapi hal itu, pemerintah kecamatan dan desa setempat siap mengajak masyarakatnya untuk  menanam kelor di lahan kritis sebanyak 10 HA bekerjasama dengan mengunakan dana desa.

Khusus Dusun Olat Sari Desa Tambak Kecamatan Tano KSB sudah menanam 1 HA. (AMIN).