Inilah Pidato Resmi AKJ-Syah
Cari Berita

Iklan 970x90px

Inilah Pidato Resmi AKJ-Syah

Monday, March 1, 2021

Foto Abdul Kader Jaelani dan H. Syahrul Parsan (AKJ-Syah) menyapa semua anggota DPRD dan para undangan sidang paripurna dewan.


Dompu, Media Info Bima Online - Agenda dijalani Abdul Kader Jaelani dan H. Syahrul Parsan (AKJ-Syah) pada hari pertama aktivitasnya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Dompu.


Dua diantaranya, menerima penyerahan jabatan dari Plh. Bupati Drs. H. Muhibuddin, M.Si di Pendopo Bupati dan menyampaikan Pidato Resmi Sambutan pada sidang Paripurna DPRD Dompu di Ruang Sidang Dewan.


Ketika menyampaikan pidato perdana sebagai bupati tersebut, AKJ memohon dukungan, peran dan kerja sama dari semua pihak. Sehingga, penyelenggaraan pemerintahan dalam kepemimpinan AKJ-Syah kedepan berjalan sesuai harapan.


Seiring dengan itu, pelaksanaan program unggulan JARAPASAKA (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan) berjalan dengan baik, aman, lancar dan sukses.


Usai menghadiri dan menyampaikan pidato resminya tersebut, AKJ bersama H. Syahrul menyapa semua anggota DPRD. Hal yang sama juga dilakukan AKJ-Syah pada undangan paripurna lainnya.


Diketahui, agenda Rapat Paripurna DPRD Dompu yang dipimpin Ketua Dewan Andi Bachtiar, A.Md. Par, Senin (1/3) tersebut, Penyampaian Pidato Sambutan AKJ-Syah sebagai Bupati dan Wabup Dompu Periode 2021-2026.


Hadir saat itu unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda); Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono. S.Kom, M.Tar (Han), Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH, S.IK, Kajari Dompu M. Abeto, SH. MH dan Ketua Pengadilan Negeri Dompu Mukhlassudin, SH, MH.


Selain itu, hadir Ketua dan Komisioner KPU Dompu, Ketua dan Komisioner Bawaslu Dompu, Ketua TP PKK dan GOW Dompu, Pimpinan OPD lingkup Pemkab Dompu, para pimpinan partai politik, Camat se-Kabupaten Dompu dan insan pers.


Sesaat setelah membuka sidang, Andi Bakhtiar memaparkan, rapat paripurna tersebut merujuk Permendagri. Dimana, apabila Bupati/Wabup terpilih sudah dilantik, maka Bupati/Wabup harus melaksanakan pidato sambutan di DPRD Kabupaten.


“Untuk itu, kami persilakan Bupati  Dompu, saudara Kader Jaelani agar menyampaikan sambutan pidatonya,” kata Andi dengan suara khasnya.


Mengawali sambutannya, selain bersyukur pada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, AKJ mengaku bersyukur diberi amanah dan kepercayaan oleh masyarakat sebagai bupati bersama H. Syahrul Parsan sebagai Wakil Bupati Dompu.


“Amanat ini menjadi sebuah tantangan bagi kami yang harus dilaksanakan sesuai perintah Undang-undang yang berlaku,” ujarnya.


Tugas dan tanggung jawab yang emban dimaksud untuk melanjutkan proses pembangunan Kabupaten Dompu.


Kepada DPRD Dompu, AKJ juga mengucapkan terima kasi karena telah memberikan kesempatan pada AKJ-Syah untuk berpidato di Rapat Paripurna DPRD itu.


Ucapan yang terima kasih pun disampaikan AKJ kepada Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom. M.Tar (Han) dan anggota, serta kepada Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK dan anggota yang telah menjaga stabilitas keamanan Dompu selama Pilkada.


Dalam memperjuangkan cita-cita bersama, AKJ bersama H. Syahrul sering mengibaratkan dirinya sebagai bagian dari prajurit yang akan bertempur di medan laga.


“Ibaratnya, kami berdua diberi kepercayaan oleh prajurit lain untuk mengambil peran, menentukan arah dan target kemenangan secara bertanggung jawab,” paparnya.


Terkait program andalan AKJ-Syah, JARAPASAKA, Bupati “baru” mengutarakan beberapa hal umum. Menurutnya, visi, misi dan program andalan itu sekaligus sebuah “mimpi” yang harus menjadi kenyataan pada masa depan.


AKJ mengaku, belajar banyak dari pemimpin sebelumnya. AKJ-Syah sudah mengambil saripati dari karya terbaik dari pemimpin-pemimpin Dompu sebelumnya.


“Karena itulah, kami memutuskan bahwa program yang kami usung adalah JARAPASAKA (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan),” papar pria yang tersohor dengan nama panggilan Bolly itu.


Visinya, Agribisnis JARAPASAKA Menuju Dompu Masyhur. Sehingga, pendapatan asli daerah Dompu meningkat signifikan dengan pemanfaatan teknologi informasi. Pihaknya akan membenahi sektor kelembagaan kelompok tani, ternak dan nelayan.


“Memohon dukungan dan kerja sama dari semua pihak agar program diusung ini berjalan dengan baik, aman dan lancar,” ujarnya sembari memohon maaf atas segala kekurangannya. (Usman).