KKN Tematik: Aktualisasi Program Kampus Merdeka
Cari Berita

Iklan 970x90px

KKN Tematik: Aktualisasi Program Kampus Merdeka

Sunday, March 7, 2021

Oleh : Ketua Yayasan YPIP STKIP Bima, Chairul Amrin, SE.


Kota Bima, Media Info Boma Online - Dalam Buku Panduan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka 2020, KKN adalah pendidikan yang memberikan pengalaman belajar bersama masyarakat dan membantu menangani masalah dalam lingkungan masyarakat. 


Salah satu Kuliah Kerja Nyata yang direkomendasikan Mendikbud untuk dilakukan di tengah Covid-19 dalah KKN Tematik. Sejak kemunculan kasus pertama positif Covid-19 di Indonesia, jumlah kasus terkonfirmasi positif dan meninggal masih terus meningkat. Untuk menyelesaikan dan membantu pengurangan penyebaran Covid-19, mahasiswa dapat berkontribusi dengan program KKN Tematik Covid-19. 

KKN dengan tema Covid-19 dilakukan sebagai implementasi tridharma perguruan tinggi. Penyelenggaraan kegiatan ini didukung oleh kebijakan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar, Ditjen Dikti Kemendikbud yang berkolaborasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Badan Penanggulangan Bencana, Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) dan dengan dukungan dari berbagai stakeholders. 


KKN ini dapat menjadi bagian dari program KKN perguruan tinggi yang dapat diapresiasi dengan kredit sks dan sertifikat pengabdian kepada masyarakat. Peserta KKN Tematik adalah mahasiswa dari berbagai jurusan/program studi. Mahasiswa  dapat memilih salah satu dari beberapa tema KKN Tematik, antara lain yang dicanangkan oleh Kampus STKIP Bima adalah : Mitigasi Kebencanaan & Covid-19, UMKM, Literasi, Kampung Sehat, Administrasi Kependudukan.

Bersama Ketua Dewan Pembina Yayasan PIP sekarang STKIP Bima akan semakin maju ditangan dingin Dewan Pembina Prof. Dr. H. Hamdan Zoelva, SH,MH, Dewan Pembina YPIP STKIP Bima, Prof.Dr.H. Ahmad Thib Raya, MA, H. Aris Muhammad, SH. (Pengusaha sukses Jakarta), karena di tahun ini STKIP Bima mulai melakukan terobosan dengan menerapkan KKN Tematik dan bermitra dengan Pemerintah baik lokal, nasional maupun internasional. STKIP Bima go Universitas


Ayoo Kuliah di STKIP Bima

Kampus Merdeka Belajar

Kampus Kreatif

Kampus Kuning 

Kampus Tertua di P. Sumbawa

Sejak 1976. (Usman)