Lapas IIB Dompu Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Untuk Mencegah Penyebaran COVID-19
Cari Berita

Iklan 970x90px

Lapas IIB Dompu Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Untuk Mencegah Penyebaran COVID-19

Thursday, March 18, 2021

Dompu, Media Info Bima Online - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Kabupaten Dompu, sampai ini terus menerapkan protokol kesehatan di lingkup Lapas IIB setempat. Hal ini, dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19. 


Kepala Lapas IIB Dompu, H A. Halik S.Sos (dok : Media Info Bima Online)


Kepala Lapas IIB Dompu, H A. Halik S.Sos mengaku, sampai saat ini pihaknya di Lapas IIB Dompu tetap menerapkan protokol kesehatan. Penerapan ini, mulai dari menyediakan tempat mencuci tangan, pemakaian masker dan menjaga jarak. 


"Aktifitas di Lapas IIB Dompu ini tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar H A. Halik S.Sos, saat diwawancarai Kamis (18/3/2021).


Tidak hanya itu, penerapan protokol kesehatan ini tidak hanya diberlakukan kepada petugas Lapas IIB Dompu. Akan tetapi, juga diterapkan warga binaan di Lapas ini. Warga binaan pun, setiap paginya tetap melakukan aktifitas olahraga di dalam Lapas ini untuk tetap menjaga imun tubuh agar tetap sehat bugar. 


"Ini juga yang kami terapkan. Bahkan karena mengingat daerah ini masih dilanda pandemi Covid-19, jadi keluarga para warga binaan yang ingin datang membesuk belum bisa bertatap muka secara langsung. Akan tetapi  bisa melalui dalam jaringan (Daring)," jelas H A. Halik S.Sos.

Tambah H A. Halik S.Sos, di lingkungan Lapas ini pu, tetap dijaga kebersihannya. Maka tidak, heran jika setiap harinya kondisi lingkungannya tetap bersih. "Kami juga disini selalu menjaga kebersihan lingkungan," terangnya. 


Apa saja kegiatan-kegiatan yang dilakukan wargs binaan di Lapas ini?


Sambung H A. Halik S.Sos, di Lapas ini pun tetap diadakan kegiatan kegiatan bimbingan terhadap para warga binaan. Salah satunya, meningkatkan kesadaran mereka (warga binaan) terhadap nilai nilai ketakwaan kepada Allah SWT. Selain itu, mereka juga diberikan ruang untuk mengembangkan keahliannya dalam bidang kerajinan tangan. 


"Perlu juga diketahui pak wartawan, warga binaan di Lapas ini sudah banyak menciptakan hasil karya kerajinan tangannya. Baik itu membuat meja, kursi, asbak rokok dan lainnya. Aktifitas itu pun, dilakukan warga binaan di dalam Lapas ini juga," katanya. 


Apa kendala yang dihadapi oleh Lapas IIB Dompu saat ini?


Diakui H A. Halik S.Sos, sampai saat ini pihaknya terkendala oleh ketersediaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan para warga binaan. Maka itu, pihaknya sangat berharap adanya perhatian dari Pemda Dompu, minimal melakukan Bor dalam (Kanada) untuk memenuhi kebutuhan air tersebut. 


"Hal ini sudah saya sampaikan, terutama kepada Ketua DPRD Dompu (Andi Bachtiar Jufri A.Md, Par, red). Semoga saja hal ini bisa direalisasikan oleh pemerintah," Tandasnya.(Usman).