Menyambangi Pangsa Pasar Pusat Ibu Kota Negara - Kalimantan Timur. Antara Bima - Penajam - Tarakan
Cari Berita

Iklan 970x90px

Menyambangi Pangsa Pasar Pusat Ibu Kota Negara - Kalimantan Timur. Antara Bima - Penajam - Tarakan

Saturday, March 27, 2021

Oleh : Rangga Babuju.


Media Info Bima Online - Hari ini, BUMD Aneka Usaha Kabupaten Penajam Paser Utara-Kalimantan Timur melakukan Kunjungan Kerja di Kota Bima. Senang dan bangga rasanya menerima mereka secara resmi. 


Memang bukan kunjungan khusus BUMD dari Daerah Kabupaten yang kini lagi 'naik daun' tersebut karena daerahnya ditetapkan menjadi Daerah Ibu Kota Negara Republik Indonesia, menggantikan Jakarta. Rombongan yang dipimpin oleh Sekda PPU ini membawa pejabat daerah yang diantaranya adalah Direktur BUMD nya. 

Luar biasanya, BUMD Aneka Usaha PPU ini mengelola Aset Daerah seperti Pelabuhan Bongkar Muat Benuo Paser, Perumahan Midle Class, Tambang Gas Dan Batubara. (Termasuk Gas yang disupplay ke Bima dalam 2 tahun terakhir itu hasil dari mereka). Selain itu, BUMD Aneka Usaha ini diberi Hak Guna Kelola lahan seluas 18.000 Ha untuk kawasan Agroindustri dan Sawah Padi Premium..... Kebayang Penyertaan modal daerah dan Deviden dari Usaha-usaha secara Profesional itu, berapa.


Luar biasanya lagi, Berkunjung ke Kota Bima dan mengajak BUMD Kota Bima untuk membantunya dalam hal supplay kebutuhan Pangan, Bahan Baku Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) dan Batu. Kebutuhan batu untuk pembangunan infrastruktur saat ini di PPU mencapai 1,7 Juta kubik. 

"Selain batu sebagai kebutuhan pembangunan infraatruktur kami, Bawang Goreng Bima, Daging Sapi Bima, Madu Bima dan Kopi, cukup dikenal didaerah kami dan sangat digandrungi oleh masyarakat kami. Semoga harapan dan permintaan kami bisa dipenuhi oleh Perumda Kota Bima ini kedepannya" Ungkap Heriyanto, Direktur BUMD PPU, penuh harap saat diterima diruang rapat Walikota Bima, siang tadi (26/3).


Pak Wali Kota secara terpisah, meminta kepada BUMD Bima Aneka - Kota Bima untuk melakukan Pembicaraan serius soal kebutuhan BUMD PPU, memetakan kemampuan Produksi kota Bima dan segera lakukan kunjungan balasan. Apalagi di Kalimantan Timur, Abang Syafruddin Pkb  ketua Komisi III DPRD Kaltim adalah Putra Terbaik Bima. Di PPU sendiri, Asisten II Pemkab adalah pak Ahmad Usman, putra Bima juga.


Sebelumnya, BUMD Bima Aneka Kota Bima, juga sudah bangun Komunikasi dengan pihak Pemerintah Kota Tarakan. Melalui staf khususnya, bang SAH BUDIMAN  yang merupakan Staf Khusus Walikota Tarakan, orang Bima juga, untuk bisa menjalin Kemitraan dengan BUMD Kota Tarakan. 

Kota Tarakan sendiri, kebutuhan Daging Sapi Bima, Bawang Merah/bawang Goreng Bima dan Madu Bima cukup tinggi. Dan diharapkan bisa masuk Kota Tarakan. Bapak Walikota Tarakan sangat berharap produk yang dimaksud bisa beredar didaerahnya. Selama ini, Daging sapi lebih banyak dipasok dari malaysia. Apalagi warga Bima Dompu di Kota Tarakan lumayan banyak. Malah ada Paguyuban Masyarakat Bima Dompu - Tarakan.


Penajam Utara dan Tarakan, hasil alam kami untuk lidah dan citarasa kalian. Kami bangga, karya kami akan bisa hadir disana, Jum'at, 26 Maret 2021.