Pembentukan dan Pengukuhan Gapoktanhut Doro Puma Jaya Berjalan Lancar
Cari Berita

Iklan 970x90px

Pembentukan dan Pengukuhan Gapoktanhut Doro Puma Jaya Berjalan Lancar

Friday, March 26, 2021

 

Ketua Gapotanhut Muhammad


Dompu, Infobima.com - Acara pembentukan dan pengukuhan sebanyak 16 Kelompok Tani Hutan (KTH) dan gabungan kelompok tani hutan (GAPOKTANHUT) Doro Puma Jaya berjalan lancar.


Acara tersebut berlangsung di halaman rumah Ketua Gapoktanhut jalan kembar lintas Lakey, Kecamatan Hu,u, Kabupaten Dompu pada minggu (21/03/2021) kemarin.


Turut hadir dalam acara tersebut, Koramil 1614 03 Hu'u, Kapolsek Hu'u, Camat Hu'u, Ketua LPM Desa Hu'u, Perwakilan KPH Tofo Pajo Soromandi, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan seluruh Ketua Kelompok Hutan Tani yang ada.





Muhamad, selaku Ketua Gapoktanhut Doro Puma Jaya, dalam sambutannya, ia menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran semua pihak, karena ini merupakan sebuah kehormatan dan semangat awal bagi kami dalam menjalankan roda kelembagaan ini kedepannya.


Pada kesempatan itu juga, ia mengharapkan dukungan semua pihak. Baik Pemerintah Desa Hu'u, Pemerintah Daerah Dompu, Pemerintah Propinsi NTB, KPH Tofo Pajo Soromandi dan seluruh Ketua Kelompok serta masyarakat Desa Hu'u khususnya.


"Kami mohon dukungan semua pihak untuk mensukseskan program dan kegiatan kami kedepannya", terangnya


Lanjutnya, kehadiran Gapoktanhut Doro Puma Jaya ini tentunya sebagai lembaga yang akan mendukung berbagai program kegiatan pemerintah dalam menjaga dan melestarikan hutan. Apalagi wilayah Hu'u merupakan Daerah Pariwisata dan Tambang. 


Tentu dari sekarang kita harus menjaganya untuk keberlangsungan hidup anak cucu kita kedepannya. 


"Siap lagi yang menjaganya kalau bukan kita, kapan lagi kalau bukan sekarang", ungkapnya


Untuk langkah awal, Muhamad menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini, dirinya bersama seluruh anggota Gapoktanhut Doro Puma Jaya akan melakukan kegiatan penghijauan penanaman pohon kopi dibeberapa areal hutan.


 "Kami akan menanam bibi pohon kopi sebagai langkah awal kegiatan kami", 


Selain tanaman kopi, kedepannya kami akan berusaha mendatangkan sejumlah bibit buah. Sehingga kedepan tanaman dan buah-buahan tersebut dapat menjadi nilai tambah ekonomi untuk mensejahterakan masyarakat.


"Masih banyak program dan kegiatan yang akan kami lakukan, tentu semua ini tidak akan bisa terwujud tanpa adanya dukungan dan kerjasama kita semua". Ungkap Muhamad mengakhiri sambutannya.


Kapten Muhamad Safi'i Koramil 1614/03  Hu'u, dalam sambutannya, ia sangat mengapresiasi dengan kehadiran lembaga Gapoktanhut Doro Puma Jaya. Dan ini merupakan kegiatan yang sangat positif sekaligus dapat membantu masyarakat untuk memanfaatkan lahan hutan menjadi lahan yang produktif.


Tentu kami berharap kepada seluruh masyarakat Desa Hu'u agar sama-sama menjaga stabilitas keamanan di wilayah kita semua.


"Semoga lembaga ini kedepan dapat  bersinergi dengan pihak pemerintah dalam menjaga dan melestarikan hutan", harapnya. (Tim)