UPTD PKM Dompu Barat Gelar Rapat Lintas Sektor di Bidang Kesehatan Awal Tahun
Cari Berita

Iklan 970x90px

UPTD PKM Dompu Barat Gelar Rapat Lintas Sektor di Bidang Kesehatan Awal Tahun

Monday, March 8, 2021

 

Rapat Lintas Sektor UPTD Puskesmas Dompu Barat


Dompu, Infobima.com - Sehubungan dengan akan digelarnya lokakarya mini Lintas Sektoral Bidang Kesehatan dalam capaian serta permasalahan terjadi pada tahun 2020/2021. UPTD Puskesmas (PKM) gelar Rapat Lintas Sektor yang berlangsung di Cafe Laberka Dompu pada Senin (8/3/21).


Rapat lokakarya mini, sebagai bentuk pemberitahuan, dimana pihak puskesmas akan mengevaluasi kembali capaian dan permasalahan dari kegiatan yang telah dilaksanakan dalam program-program Puskesmas selama satu bulan atau paling lambat 3 bulan sesuai dengan ketentuan Permenkes.


Evaluasi capaian dan permasalahan Puskesmas wajib disampaikan lewat lokakarya mini Lintas Sektor yang digelar untuk mendapatkan solusi terbaik guna menanggulangi permasalahan yang terjadi, demikian disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, SKM. M.M.Kes, dalam rapat berlangsung.


"Itu tujuan kita hari ini, kenapa harus gelar lokakarya mini" pungkasnya.


Rapat Lintas Sektor Puskesmas Dompu Barat dihadiri oleh Camat Woja Suherman, S.Pt, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Maman, SKM.M.M.Kes, Kepala Puskesmas Dompu Barat Muzakir, SKM. Kapolsek Woja, IPDA Abdul Haris, Pasi Pers Kodim 1614/Dompu Inf. Iswan. Seluruh Kepala Desa dan Lurah Kecamatan Woja.




Lewat kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Dompu Barat Muzakir, SKM, mengatakan bahwa ini adalah rapat lokakarya mini lintas sektor bula pertama yang digelar dengan tujuan, pengorganisasian komitmen terhadap masalah kesehatan pada masing-masing sektor.


Dirinya mengutarakan, kalau Puskesmas itu adalah sebuah wadah dalam pelayanan kesehatan masyarakat baik yang bersifat UKP maupun bersifat UKM, UKM sensial dan pengembangan.


"Fungsi dan bertujuan Puskesmas itu untuk melaksanakan kebijakan agar pembangunan di bidang kesehatan dapat meningkat, sedangkan disisi lain, Puskesmas itu sebagai penggerak pembangunan di bidang kesehatan sesuai dengan SK Menkes nomor 128 tahun 2004, diperkuat lagi dengan Permenkes nomor 75 tahun 2014" jelasnya.


Rapat Lintas Sektor yang digelar, disampaikan Muzakir untuk mengevaluasi, sejauh mana cakupan program tentang masalah kesehatan sejak tahun-tahun kemarin, dan disisi lain kegiatan ini untuk penguatan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat dan ASN.(Din)