Himpunan Mahasiswa Bima-Kaltim Laksanakan Diskusi Publik & Bedah Buku "Bima di Tanah Borneo"
Cari Berita

Iklan 970x90px

Himpunan Mahasiswa Bima-Kaltim Laksanakan Diskusi Publik & Bedah Buku "Bima di Tanah Borneo"

Sunday, April 18, 2021

Media Info Bima Online - Himpunan Mahasiswa Bima (HMB) Kalimantan Timur, (Kaltim) menyelenggarakan Musyawarah Besar (Mubes) yang ke-5. Dengan tema: "Menimbulkan jiwa Militan, Integritas dan Sosialisas Kader untuk Kemajuan Organisasi Maupun Daerah". Serta dilanjutkan dengan Diskusi Publik & Bedah Buku "Bima di Tanah Borneo".


Kegiatan mulai dilaksanakan hari Sabtu, 17-sampai dengan Minggu, 18-04-2021, tempat kegiatan Ruang Temu


Dalam kegiatan tersebut Turut hadir Ketiga pembicara yakni Syafrudin H. Irhas, S.Pd, Anggota DPRD Kaltim. Sekaligus Author Buku Bima di Tanah Borneo), 2. H. Marwan SP. M.Si (Ketua DPD Nasdem Kukar dan Ketua Forum Pembaharu Kebangsaan Kukar), 3. Kaisar Egalitarian (Aktivis Mahasiswa), dan 4. Murdiono selaku Moderator serta Ketua HMB Kaltim.

Lantas bagaimana kisah dari Buku Bima di Tanah Borneo tersebut? 


Buku ini menceritakan perjalanan hidup seorang lelaki aktivis mahasiswa, hingga akhirnya bisa duduk di Karang Paci-sebutan Kantor DPRD Propinsi Kalimantan Timur saat ini. 


Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PKB saat ini didapuk menjadi pengisi Kata Pengantar di buku tersebut. 


"Sebagian buku ini menceritakan dinamika perjuangan sahabat Syafruddin dalam ber-PMII dan ber-PKB, bagian yang sedikit banyak kami ketahui dan kenali. Namun cerita masa kecil, remaja hingga pemuda, masa kuliah dan kemudian aktif berorganisasi serta romansa cintanya membuat kami menjadi lebih mengenal sosok sahabat Syafruddin lebih dalam," tertulis dalam kata pengantar buku tersebut. 

Sementara itu, Syafruddin, tokoh dari buku tersebut juga ikut menceritakan kisah asal muasal hingga akhirnya buku tersebut bisa terbit. 


"Berlembar-lembar catatan pokok-pokok penting kemudian saya tulis di smartphone memakai aplikasi google document. Selain agar bisa mencatat sejarah sebagai buku yang ditulis dengan smartphone, menuliskannya bisa saya lakukan sambil rebahan," tulisnya. 


"Akhirnya sebelum pandemic covid-19 berakhir, buku ini berhasil diselesaikan. Berisi kisah perjalanan hidup Syafruddin dari kecil hingga pemuda, awal mula aktivisme mahasiswa hingga kemudian menjadi aktivis politik dan pembelajaran serta inspirasi yang bisa diserap darinya," ujarnya


Buku karangan Syafrudin ini, berisikan biografi beliau tentang perjuangan beliau mulai dari lahir, dibesarkan di Desa Sakuru-Monta-Bima-NTB, kemudian berangkat merantau di tanah kalimantan dan segala rintangan dan halangan, tetapi dengan perjuangan & jiwa semangat pantang menyerah, sehingga beliau bisa berhasil menjadi Anggota DPRD Propinsi Kalimantan Timur dua Periode, serta Ketua DPW PKB tiga Periode sekarang. 


Penulis : Usman S.Pd

Direktur Utama Media Info Bima.