Peningkatan Kapasitas SDM di Desa Dilakukan 2021, Monggo Beres, Tonda Masih Ditunggu
Cari Berita

Iklan 970x90px

Peningkatan Kapasitas SDM di Desa Dilakukan 2021, Monggo Beres, Tonda Masih Ditunggu

Monday, April 19, 2021

Bima, Media Info Bima Online - Kepala Dinas BPMDes Kabupaten Bima Tajudin SH,MSi, menyampaikan agar pemerintah desa mencanangkan Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) baik untuk Aparatur desa, BPD dan Bumdes. Hal ini dia ungkap saat pembinaan dua desa di Madapangga, Senin (19/4) di aula camat, sejak pagi-Sore. 

Adapun Desa yang dilakukan pembinaan yakni desa Tonda dan Monggo, terkait adanya laporan BPD. 

Dikatakan Kadis, Untuk peningkatan SDM ini wajib dilaksanakan pemerintah desa dalam mendukung program pemdes. Untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dibayar tiap bulan selama 12 bulan (1 tahun, Red) dan tak bisa dibayar 4 bulan sekali atau 6 Bulan. Ini harus dibayarkan tiap bulan, dan nama penerima tak bisa diganti kecuali ada persetujuan penerima awal," katanya. 

Pada saat pembinaan Desa Tonda, Kadis meminta kepada BPD untuk RKPDes 2021 segera dituntaskan. Adapun 8 temuan pihak BPD segera bikin surat dan tembusan ke Bupati Bima agar kiranya pihak Inspektorat turun sesuai pengajuan pihak Badan Permusyawaratan Desa (BPD)," ujar Tajuddin. 

Selain itu, RKPDes diminta dan ditunggu pihak Dinas hingga Jum'at (23/4) agar pembangunan di Desa Tonda melalui dana desa dapat dilaksanakan,'' paparnya. 

Pantauan Media ini, Baik BPD dan Pemdes sama sama mempertahankan pendapat dan egonya masing masing. 

"Miskomunikasi antara BPD dan Pemdes, makanya ada beberapa desa yang penyegelan dilakukan anggota BPD. Disisi lain mereka Mitra.

Sementara Desa Monggo baik BPD dan Pemdes, di akhiri dengan tanda tangan kepala Dinas Atas RKPdes Desa Monggo. (Usman).