Ribuan Rumah Warga Monta, Woha dan Ratusan Hektar Sawah Warga di Rendam Banjir
Cari Berita

Iklan 970x90px

Ribuan Rumah Warga Monta, Woha dan Ratusan Hektar Sawah Warga di Rendam Banjir

Friday, April 2, 2021


Foto : Banjir di Kecamatan Monta dan Kecamatan Woha.



Bima, Media Info Bima Online - Banjir menerjang sejumlah Desa di Kecamatan Monta dan Kecamatan Woha Kabupaten Bima, pada Jum'at, (02/04/202), mengakibatkan ribuah rumah warga, serta ratusan hektar sawah warga di dua Kecamatan tersebut terdampak banjir.

Pantauan langsung Awak Media Info Bima dilokasi, intensitas hujan yang tinggi menyebabkan luapan banjir sungai di sejumlah tempat tinggal warga, tenggelam sampai atap rumah warga. Debit air kiriman dari DAM Pela-Parado, cukup tinggi, juga mengakibatkan semua aktifitas jalan tidak bisa lagi digunakan dengan pakai baik roda dua maupun roda empat, karena jalan sudah terendam banjir.


Seperti di Kecamatan Monta, terendam banjir, Desa Pela, Desa Simpasai, Desa Sie, Desa Tangga, Desa Sakuru, dan Desa Baralau.

Sementara di Kecamatan Woha, Desa Naru, Desa Nisa, Desa Tente, dan Desa Rabakodo, tenggelam hingga atap rumah warga. Karena luapan air dari Kecamatan Monta tersebut.



Akibatnya arus lalu lintas terhambat. Ketinggian air hingga lutut orang dewasa.


Sehingga di Dua Kecamatan tersebut, 

warga mengungsikan diri, dan barang berharganya ke tempat yang lebih tinggi dan aman.

Banjir kiriman dari DAM Pela-Parado tersebut, mengakibatkan Ribuan rumah warga, serta Ratusan Hektar sawah warga  terendam banjir.



Salah satu warga yang, Ahmad dimintai keterangan awak media ini, mengatakan, banjir kali ini cukup besar sekali karena menganangi Ribuan rumah warga, selain rumah warga, Ratusan Hektar sawah juga direndam, "Bayangkan seumur saya, baru kelihatan banjir yang besar,"katanya saat dikonfirmasi pasca banjir.



Akibat banjir, seluruh warga mengalami kekurangan makanan. "Akibat banjir, kita menagkami kekurangan makanan akibat mati lampu,"ungkapnya.



Untuk itu, warga meminta bantuan pada Pemerintah Daerah, maupun Donatur lainnya untuk mengirim logistik.,"pintanya. (Usman).