Tiga Bhabinkamtibmas di Sumbawa Barat Ikut Lomba Da'i dan Fasih Berceramah Agama
Cari Berita

Iklan 970x90px

Tiga Bhabinkamtibmas di Sumbawa Barat Ikut Lomba Da'i dan Fasih Berceramah Agama

Wednesday, April 28, 2021

 


Sumbawa Barat, Infobima.com - Dalam bulan suci ramadhan 1442 H untuk mewujudkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Polres Sumbawa Barat menggelar lomba Da'i kamtibmas yang diikuti oleh tiga personil perwakilan Bhabinkamtibmas terbaik di polres Sumbawa Barat, bertempat di Masjid Ar Rahmatullah Mapolres setempat, Selasa (27/4/21) pukul 12.30 wita.


Tiga Bhabinkamtibmas terbaik yang mengikuti lomba da'i tersebut adalah Bripka Jalaluddin SH ( Bhabinkamtibmas Desa Bakat Monteh, Bripka Supriadi Sutawijaya (Bhabinkamtibmas Kel.Sampir), dan Bripka Akhyar Rosidi (Bhabinkamtibmas Desa Kelanir).


Ke tiga Bhabinkamtibmas tersebut bukan saja piawai dalam melayani masyarakat, tetapi rupa juga lincah dan fasih dalam berceramah agama. 


"Lomba da'i kamtibmas Polres Sumbawa Barat tujuannya untuk mencari peserta yang bisa mewakili untuk ikut lomba di tingkat Polda NTB," Kata Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono, SiK MH melalui Paur Subbag Humas IPDA Eddy Sobandi S.Sos, di Taliwang, Rabu. 


Eddy Humas menyampaikan, dalam kegiatan lomba da'i kamtibmas dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Herman Suriyono SIK MH yang didampingi oleh Wakapolres Kompol Jamaluddin, SSos, Kasat Binmas AKP Rahmansyah, Kabag Ren AKP Tauhid, KBO Sat Reskrim IPTU Zaenal Abidin SH, KBO Sat Res Narkoba IPDA Susanto Amd, Kep, Kasubag Humas Polres Sumbawa Barat IPDA Edy Soebandi Adireja dan 15 orang anggota Polres.


Kapolres AKBP Herman Suriyono SIK SH dalam sambutannya mengatakan tentunya apa yang diadakan oleh sat Binmas ini kami sangat Apresiasi. 


Kaitan dengan kegiatan da'i kamtibmas ini kami berharap Bhabinkamtibmas dalam penyampaian kamtibmas kepada masyarakat agar sesuai dengan ilmu fiqih yang ada dalam syariat Islam.


"Dengan kegiatan ini dapat menjadi masukkan kepada bhabinkamtibmas dalam membina masyarakat, juga memberikan himbauan kepada masyarakat terkait dengan bagaimana berkendara yang baik di jalan raya, mentaati peraturan Lalu lintas. Dan dalam penyampaian himbauan kamtibmas agar memasukan kearifan lokal." kata perwira dua melati dipundaknya.


Sambungnya, kita dapat belajar kepada Wali Songgo yakni wali Allah yang mana pada saat menyebarkan Agama Islam kepada masyarakat memasukkan kearifan lokal dan budaya-budaya lokal dalam menyampaikan syariat islam di tanah Jawa,dan perlu juga disampaikan keragaman umat yang ada di masyarakat.


"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa bermanfaat dan seterusnya para bhabinkamtibmas selalu memiliki kegiatan yang seperti ini,bila perlu semua Bhabinkamtibmas memiliki kemampuan seperti ini.Sehingga dalam penyampaian kamtibmas kepada masyarakat mudah dan dalam penyelesaian masalah yang ada di masyarakat dapat di tangani."tuturnya.


Adapun peserta lomba da'i kamtibmas dan mendapatkan juara sebagai berikut: (1). Juara 1 Bripka Jalaluddin SH ( Bhabinkamtibmas Desa Bakat Monteh. (2). Juara 2 Bripka Supriadi Sutawijaya( Bhabinkamtibmas Kel.Sampir ). (3). Juara 3 Bripka Akhyar Rosidi (Bhabinkamtibmas Desa Kelanir ).


Penyampaian materi oleh masing -masing peserta Lomba Dai Kamtibmas adalah :


BRIPKA Jalaluddin SH dengan Tema " Kemuliaan Baginda Nabi Muhammad Dalam Penyebaran Islam".

BRIPKA Supriadi Sutawijaya dengan Tema "Kamtibmas yang Aman Untuk Masyarakat".

BRIPKA Akhyar Rosidi dengan Tema "Kebersihan Lingkungan.(Tim)