Distan Kota Bima Akan Gelar Vaksinasi dan Pengkartuan Ternak
Cari Berita

Iklan 970x90px

Distan Kota Bima Akan Gelar Vaksinasi dan Pengkartuan Ternak

Tuesday, May 25, 2021

Kota Bima, Media Info Bima Online - Dinas Pertanian Kota Bima melalui Bidang Peternakan Dan Keswan akan melaksanakan agenda tahunan rutin yaitu Vaksinasi Dan Pengkartuan Ternak. kegiatan tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 2 Juni sampai 8 Juli 2021. 



Pemberian vaksinasi merupakan atensi khusus Bidang Peternakan Distan, dimana kegiatan tersebut merupakan kegiatan strategis dalam upaya mengimplementasikan tugas dan funsi bidang tersebut. selain itu, kegiatan vaksinasi bertujuan mencegah terjangkitnya penyakit menular pada ternak maupun virus pada hewan yang dapat berimplikasi Zoonosis (Jenis penyakit atau virus yang dapat ditularkan hewan pada manusia). untuk dapat menunjang kelancaran proses pengendalian serta penanggulangan penyakit pada hewan dan mendukung upaya pemeliharaan kesehatan ternak, Dinas Pertanian melakukan upaya koordinasi dengan seluruh Kelurahan (berjumlah 41) dalam lingkup Pemkot Bima.



Koordinasi tersebut bertujuan untuk memaksimalkan sumber daya yang dibutuhkan guna menyukseskan agenda besar tersebut. Kabid Peternakan Dan Keswan Drh Juwaihar  mengatakan bahwa kegiatan tersebut akan dilaksanakan di seluruh Kelurahan se Kota Bima dengan titik fokus pengendalian dan pencegahan Virus antrax yang dapat menjangkiti ternak seperti sapi,kerbau,kambing maupun domba. Juwaihar menambahkan bahwa upaya serupa juga ditujukan guna mengeliminir ancaman terjangkitnya virus rabies pada hewan seperti anjing,kucing dan monyet yang juga dapat berpotensi menular pada manusia.



Sementara untuk segmen pengkartuan ternak, hanya ditujukan untuk mendata ternak besar seperti sapi,kerbau maupun kuda sehingga dapat menjadi acuan Dinas Pertanian untuk dapat mencetak dan menerbitkan kartu ternak.



"Selain proses vaksinasi, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung upaya pengkartuan ternak dalam upaya validasi data ternak". Sambung Kabid yang ramah pada wartawan tersebut.



Sebagai pelaksana tugas dilapangan (tehnis), tanggung jawab diberikan pada UPT Keswan Balai Rasanae Barat dan UPT Balai Keswan Rasanae Timur. 



Selajutnya Juwaihar menuturkan harapanya agar pelaksaan kegiatan vaksinasi dan pengkartuan tersebut dapat membuahkan hasil dengan tereliminasinya berbagai virus yang dapat menular pada hewan maupun ternak serta proses pengkartuan bisa menghasilkan data ternak yang valid. (Usman).