Meeting Zoom Bupati Bersama PGRI dan Dikpora Wujudkan Belajar Dompu yang Mashur
Cari Berita

Iklan 970x90px

Meeting Zoom Bupati Bersama PGRI dan Dikpora Wujudkan Belajar Dompu yang Mashur

Monday, May 24, 2021

 


Dompu, Infobima.com - Kegiatan temu inovasi pendidikan Bupati Dompu bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Dompu dan Dinas Dikpora Kabupaten Dompu yang dilaksanakan melalui aplikasi zoom meeting, pada Senin (24/05/2021) pukul 08.00 berlangsung di Ruang Rapat Bupati Dompu berjalan sukses.


Kegiatan itu digagas guna mengumpulkan ide inspirasi untuk pembelajaran dalam mewujudkan merdeka belajar menuju Dompu yang mashur. Dan pelaksanaan kegiatan itu juga dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021.


Kegiatan ini dapat terlaksana atas kerja sama Ketua PGRI Kabupaten Dompu dan Dinas Dikpora serta inovasi dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).


Lewat momen ini Bupati Dompu Kader Jaelani yang didampingi  oleh Asisten Administrasi Umum Setda, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP

menaruh harapan besar kepada para guru dan organisasi guru untuk terus mengembangkan diri, melatih kreativitas maupun inovasi, guna meningkatkan kualitas pendidikan di Bumi Nggahi Rawi Pahu.


"Saling berkerjasama dan tingkatkan koordinasi dengan berbagai pihak untuk bisa pengembangan pendidikan. Itu kunci suksesnya bagi para guru dan organisasi guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan" Kata Bupati.


Melalui kerjasama dan koordinasi yang baik dengan berbagai pihak, lanjut Bupati, kualitas pendidikan dapat ditingkatkan menjadi lebih baik dari sebelumnya, yang pada akhirnya mampu menghasilkan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing.


Sementara Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Dompu, Asyrul Riadi, S.Pd, dalam laporannya ia mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Dompu serta jajarannya, yang telah merespon dengan baik sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar. Ditambahkannya, untuk kesuksesan kegiatan ini, pihaknya telah menerima registrasi sebanyak 300 orang dari kalangan pendidikan untuk mengikuti kegiatan.


Asrul Riadi, mengatakan bahwa program inovasi sudah berjalan dari tahun 2017 dan bahkan pihaknya sudah melakukan kegiatan meningkatkan mutu pendidikan sejak lama. “Program inovasi berupaya merubah mindset para guru dengan membentuk fasilitator yang memiliki legalitas untuk melatih para guru yang sehingga memiliki kualitas yang profesional", imbuhnya.


Kesempatan yang sama disampaikan Perwakilan Inovasi Nusa Tenggara Barat, Sri Widuri, di momen itu disampaikan bahwa inovasi merupakan program kemitraan antara Pemerintah Australia dengan Pemerintah Indonesia, yang langsung dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 


“Program inovasi berupaya memahami cara-cara untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa terutama dalam hal literasi dan numerasi”. Tandas Sri Widuri.


Program inovasi telah diimplementasikan dengan baik dibeberapa daerah di Indonesia seperti di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Jawa Timur.


“Dalam mengembangkan berbagai program rintisannya, inovasi menggunakan pendekatan yang khas guna menemukan cara-cara yang terbukti berhasil meningkatkan hasil belajar literasi dan numerasi siswa”, ucapnya. 


Proses kegiatan berjalan lancar dengan menerapkan Prokes covid-19.(Din)