Bupati Dompu Resmi Membuka MTQ Tingkat Kab.Dompu ke-XXIX Tahun 2022
Cari Berita

Iklan 970x90px

Bupati Dompu Resmi Membuka MTQ Tingkat Kab.Dompu ke-XXIX Tahun 2022

Thursday, January 20, 2022

 

Foto: Bupati Dompu Kader Jaelani


Dompu, Infobima.com - Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten yang ke-XXIX tahun 2022 digelar oleh pemerintah kabupaten Dompu secara resmi dibuka oleh Bupati Dompu Kader Jailani yang ditandai dengan bunyi sirine, diiringi pula dengan letusan kembang api, Kamis malam (20/1/22).


Kegiatan MTQ berlangsung diawali dengan pawai ta'aruf yang diikuti oleh kafilah seluruh kecamatan se Kabupaten, pada Kamis pagi.


Pawai ta'aruf yang diagendakan pemerintah itu mulai star di lapangan bola Kelurahan Karijawa, dilepas langsung oleh Bupati Dompu Kader Jaelani untuk menuju tempat pelaksanaan MTQ di lapangan Bringin (Pandopo Bupati) dengan diikuti oleh ribuan peserta kafilah.


Usai kegiatan pawai ta'aruf, dilanjutkan dengan pelantikan Dewan Hakam oleh Bupati Dompu di gedung Pandopo Bupati pada Kamis siang, kemudian disusul dengan pembukaan kegiatan pada malam harinya.


Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Dompu yang ke-XXIX diisi juga dengan tausiyah keagamaan dari Qori internasional H. Darwin Hasibuan, S.PdI.


Bupati Dompu Kader Jaelani yang secara resmi membuka kegiatannya itu mengatakan, di tengah kemunduran nilai-nilai sosial kemasyarakatan dengan berbagai persoalan yang dihadapi generasi muda saat ini, seperti munculnya kenakalan remaja di antaranya adanya perilaku panahan liar, penyalahgunaan narkoba, perkelahian, dan bentuk kenakalan lainnya, dengan kegiatan MTQ ini, diharapkan dapat mewujudkan generasi muda berakhlak mulia dan mampu menjadi generasi penginspirasi hadirnya banyak kebaikan dalam kehidupan ini. 


"Remaja yang memiliki kepahaman yang baik dan benar tentang isi kandungan Al-Quran, sebagai pedoman atau acuan dalam berperilaku, dapat berkontribusi bagi kemajuan dan perubahan daerah ke arah yang jauh lebih baik ke depannya," ujarnya.



Dilanjutkan AKJ, MTQ merupakan kegiatan yang mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat Dompu khususnya. Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat, mengingat acara keagamaan ini, selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan, juga mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam membangun nilai-nilai spiritual masyarakat di tengah berbagai cobaan dan tantangan kehidupan yang datang silih berganti di era saat ini dan kedepannya.


"Lantunan Kalam Ilahi yang menggema selama pelaksanaan MTQ diyakini mampu menciptakan nuansa religius dan menghadirkan kesejukan batin bagi masyarakat. selain itu kegiatan MTQ juga dapat menjadi forum silaturrahim yang bernilai positif dalam memperkuat dan memperkokoh rasa persaudaraan dalam ikatan kebersamaan," jelas Bupati AKJ.


Sementara itu, Ketua panitia pelaksana MTQ H. Burhan, SH, selaku asisten satu Setda Dompu membacakan, arena panggung beringin cabang tilawah, antara lain.


-; Golongan Tartil AL-QUR'AN

- Golongan Tilawah anak-anak

- Golongan Tilawah Remaja

- Golongan Tilawah Dewasa

- Golongan cacat netra

- Golongan qir'at mujawwad dewasa

- golongan qira'at Murattal dewasa

- Golongan qira'at remaja


Sedangkan di arena dua di masjid agung Baitulrrahman Dompu. Cabang Tahfizd.

- golongan I juz dan tilawah

- golongan 5 juz dan tilawah

- golongan 10 juz

- golongan 20 juz

- golongan 30 juz

- cabang tafsir

- cabang tafsir bahasa Arab

- cabang tafsir bahasa Indonesia

- cabang tafsir bahasa Inggris


Kemudian pada arena III yang akan berlangsung di gedung PKK dan gedung Dharma wanita persatuan.

- cabang fahmul Qur'an

- cabang syarhir Qur'an

- cabang menulis makalah ilmiah Al-Qur'an (M2IQ)

- cabang kaligrafi

- golongan dekorasi Al-Qur'an

-golongan naskah Al-Qur'an

- golongan hiasan mushaf Al-Qur'an.(Din)