5 Menteri Akan Hadir dalam Puncak Festival Tambora 2022
Cari Berita

Iklan 970x90px

5 Menteri Akan Hadir dalam Puncak Festival Tambora 2022

Wednesday, May 25, 2022

 

Foto: Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Dompu, Ir. Abdul Muis, M.Si


Dompu, Infobima.com - Puncak Festival Tambora tahun 2022 akan berlangsung pada tanggal 4-5 Juni depan di Padang Savana, Doroncanga, Kecamatan Pekat.


Pemerintah Daerah Kabupaten melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kini sedang mempersiapkan dalam menyambut kehadiran lima menteri RI untuk mengisi puncak kegiatan Festival Tambora.


Lima menteri tersebut antara lain?

- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Sandiago Salahuddin Uno.

- Menteri PPN/Bappenas RI. Suharso Monoarfa.

- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Siti Nurbaya.

- Menteri Maritim dan Investasi RI. Luhut Binsar Pandjaitan.

- Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral RI. Arifin Tasrif.


Kehadiran lima menteri RI ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih masing-masing untuk mendukung tema yang digagas Pemerintah Daerah yaitu "Dunia Menyapa Tambora" yang berskala Internasional.


"Sumbangsih yang kita harapkan seperti, Menteri Bappenas melalui perencanaannya, Menteri Maritim dan Investasi, untuk memfasilitasi Investasi yang di dalamnya ada Kemaritiman, kemudian Menteri LH dengan upayanya dalam menjaga hutan. Yang menjadi trigger itu adalah menteri pariwisata, karena semuanya itu nanti akan dikemas dalam bentuk destinasi atau atraksi pariwisata, kemudian Menteri SDM, disitu ada susunan geologinya (debu vulkanik), karena ini gunung yang pernah meletus" Ungkap Kadisbudpar Dompu, Ir. Abdul Muis, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 25 Mei 2022.


Dalam agenda kedatangan para menteri ini, Pemerintah Kabupaten Dompu kini menggagas rencana untuk membuat MoU dengan menteri LHK tentang pengembangan destinasi wisata yang ada di kawasan Tambora (Doroncanga).


Pada area Doroncanga nanti, Pemda Dompu akan membuat resort untuk senter points, aktivitas wisata disekitarnya yang telah dinamakan "Safari Savana Doroncanga" atau disebut (Africa Van Dompu).


"Kemudian taman nasional akan membenahi mulai dari post 1 pendakian sampai ke puncak" ungkapnya.(Din)