Paskah Sehari Mogok Kerja Nakes, Puskesmas Dompu Barat Masih Berjalan Normal
Cari Berita

Iklan 970x90px

Paskah Sehari Mogok Kerja Nakes, Puskesmas Dompu Barat Masih Berjalan Normal

Friday, November 11, 2022

 

Foto: Kepala UPTD Puskesmas Dompu Barat, Muzakir, S.Km dan Gambar Bentuk Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Dompu Barat 


Dompu, Infobima.com - Sehari paska mogok kerja yang dilakukan para Tenaga Kesehatan (Nakes) di seluruh UPTD Puskesmas dan Rumah Sakit di Kabupaten Dompu NTB. Khusus Puskesmas Dompu Barat sejauh kini masih melakukan pelayanan dengan normal seperti biasa, meski tenaga pelayanan tergolong kurang. Hal ini diungkap Kepala UPTD Puskesmas Dompu Barat, Muzakir, S.Km yang ditemui media ini di ruang kerjanya, pada Jumat 11 November 2022.


Untuk tetap memberikan pelayanan  maksimal terhadap masyarakat, Kepala UPTD Puskesmas Dompu Barat mengatakan, pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi dengan seluruh anggota, baik anggota yang memberikan pelayanan di dalam gedung maupun pelayanan dari luar gedung.


"Pelayanan sampai saat sekarang tetap berjalan seperti biasa, tidak ada yang terganggu. Begitu pula dalam pelayanan di posyandu, yang insya Allah Puskesmas Dompu Barat akan memulainya hari senin" Katanya.


Melalui rapat koordinasi bersama anggotanya itu, Muzakir mengaku telah mensiasati untuk mengisi kekosongan post-post yang ada, tapi syukurnya, dia juga mengakui tidak semua nakes non ASN melakukan mogok kerja.


"Iya, sehingga nakes yang tidak mogok itu yang kita berdayakan, untuk memaksimalkan pelayanan kemanusiaan yang kita kedepankan" cetusnya.


Dipertanyakan soal tanggapannya terkait perjuangan para Nakes yang kini sedang memperjuangkan nasib mereka, lebih khusus bagi para Nakes yang berkerja di Puskesmas Dompu Barat. Apakah tetap diberikan toleransi jika para Nakes ini harus meninggalkan pekerjaan dengan waktu yang lama, oleh karena alasan untuk memperjuangkan nasib.


"Saya sebagai Kepala UPTD tidak menyuruh dan tidak melarang mereka melakukan hal ini, dan saya tetap melakukan persuasif terhadap adik-adik ini untuk mengajak agar kita sama-sama berkerja, tetapi kalau masalah mereka telah meninggalkan pekerjaan ini, kita lihat saja nanti" Katanya.


Soal izin dalam meninggalkan pekerjaan selama proses aksi jilid pertama hingga aksi jilid tiga yang dilakukan para Nakes, Muzakir mengakui jika pada aksi jilid pertama saja yang dia terima izin dari para Nakes, selanjutnya hanya mendapatkan informasi dari pihak tertentu.


"Aksi yang pertama mereka minta izin dengan surat melalui via WhatsApp, kemarin mereka tidak bersurat tapi mungkin dengan informasi surat awalnya itu yang mereka sudah menyiapkan. Isu mogok kerja pun saya belum dikasih informasi, cuma ada informasi dari atas saja yang memberitahukan" tandas.


Dengan itu semua, Kepala UPTD Puskesmas Dompu Barat, Muzakir, S.Km, mengajak agar sama-sama berdoa kepada Allah SWT supaya apa yang menjadi perjuangan para Nakes ini dapat dikabulkan.(D)