Babinsa Desa Rasabou Tengahi Kisruh Pemilik Ternak dan Petani Jagung di Dusun Wadu Nae
Cari Berita

Iklan 970x90px

Babinsa Desa Rasabou Tengahi Kisruh Pemilik Ternak dan Petani Jagung di Dusun Wadu Nae

Friday, February 24, 2023

 


Dompu, Infobima.com - Anggota Koramil 1614-03 Hu,u, yakni Babinsa Rasabou, menengahi kekisruhan antara petani jagung dan pemilik ternak di Dusun Wadu Na,e, pada Jumat (24/02/2023).


 Babinsa Desa Rasabou Koptu Yahya mengatakan, bahwasanya persoalan seperti ini sering terjadi di wilayah binaannya, dan memang sangat rentan terjadi perselisihan antar warga sehingga menimbulkan permasalahan yang serius, akibat masih banyaknya petani yang tidak memagari lahannya dengan baik, dan peternak masih sering melepas ternak dengan bebas berkeliaran.


Untuk itu Babinsa mengingatkan warga agar mereka dapat menghindari hal semacam ini, dengan saling memahami kondisi yang satu dengan yang lain.


Babinsa menasehati agar masing-masing pihak harus saling menyadari dan tidak merasa paling benar.


"Sebagai petani harus memagari lahan pertaniannya dengan baik, dan begitu pula sebaliknya. Sebagai Peternak harus mengikat ternaknya supaya tidak berkeliaran bebas di lahan orang lain, kalau perlu ternaknya dikandangkan saja biar aman " katanya.


Permasalahan yang terjadi antara kedua belah pihak ini harus diselesaikan secara kekeluargaan atau mediasi, karena kedua belah pihak masing-masing merasa paling benar. Untuk penyelesaian perselisihan ini Babinsa turun langsung bersama Kepala Dusun di lokasi guna membantu  permasalahan dengan cara mediasi.


Setelah dilakukan mediasi yang cukup lama, akhirnya tercapai kesepakatan damai dengan catatan, petani memagari lahannya dengan benar dan peternak mengikat ternaknya dikandang, 


Selama kegiatan tersebut berjalan dengan Aman dan lancar.(D)