Dandim 1614 Dompu Berkunjung ke Rumah "Basuki" Usai Dibedah
Cari Berita

Iklan 970x90px

Dandim 1614 Dompu Berkunjung ke Rumah "Basuki" Usai Dibedah

Tuesday, February 7, 2023



Dompu, Infobima.com - Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav Taufiq, S. Sos kini berkunjung ke lokasi bedah rumah di Lingkungan Dorotoi I, Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu, untuk menyerahkan kunci rumah kepada pemiliknya setelah rumah tersebut selesai dibedah oleh anggota Kodim 1614 Dompu.


Seperti yang diketahui, jika beberapa hari kemarin anggota kodim 1614 Dompu telah berhasil membedah rumah milik pasangan suami-isteri (Pasutri) Basuki dan Kalisom, warga Lingkungan Doroto,i Kelurahan Dorotangga, Kecamatan Dompu.


Bantuan rumah kumuh tersebut adalah pemberian dari Dandim 1614 Dompu, Letkol Kav Taufiq, S.Sos dalam momen penyambutan HUT ke-62 Korem 162/WB.


Pada kunjungan ini, Dandim berharap agar rumah pemberiannya ini bisa dirawat, dijaga dan dinikmati dengan bijaksana oleh pemiliknya, sembari ia menyerahkan kunci rumah tersebut kepada pemilik rumah.


Seperti yang diketahui juga, bahwa saudara Basuki sebagai penerima manfaat, kehidupan yang serba kekurangan hingga mendapat bentuk prihatin dari Dandim Dompu sampai diberikan bantuan bedah rumah, sebab, Dandim juga mengetahui jika Basuki berprofesi sebagai tukang parkir disalah satu Bank Daerah, hal itu yang mendorong Dandim Dompu untuk menentukan pilihan kepada Basuki sebagai penerima bantuan ini.


Setelah merasakan kehangatan kondisi rumah barunya, pasangan suami istri ini mengaku kini sudah memiliki kehidupan yang lebih layak. Dia mengaku tidak lagi sibuk dengan kebocoran atap, tidak lagi terganggu ketika datang hujan angin selalu masuk di sela-sela dinding bambu atau bedek hingga air menetes ke lantai bahkan ketempat tidur dan tidak lagi berdampingan dengan tikus-tikus.


"Dulu rumah saya kumuh sangat kurang layak, tikus dimana-mana dan di dalam rumah lembab karena air dari luar rumah sehingga kami alaskan tikar-tikar bekas supaya air tidak tembus saat kami tidur, tapi alhamdulillah sekarang tidak ada lagi tikus berkeliaran di rumah, dan posisi rumah sudah ada pondasi yang lebih tinggi dari sebelumNya, tidak lagi kena banjir atau air tergenang di dalam rumah, sekarang sudah lebih bersih, layak dan nyaman untuk kami huni," ungkap Basuki, saat ditemui di rumahnya.


Tak sekadar kelayakan yang ia rasakan. Lewat kondisi rumah barunya, Basuki mengaku teman-teman hingga para tetangga sudah tak lagi segan berkunjung. Bahkan orang tua yang dulunya ogah-ogahan ke rumahnya, kini malah rutin berkunjung dan bahkan menginap di rumahnya.


"Dulu teman-teman dan tetangga sampai bilang, tidak mau duduk-duduk atau bertamu di rumah basuki, karena jorok. Saat itu sedih banget cuma bisa berdoa supaya ada rezeki untuk membereskan rumah. Tapi sekarang alhamdulillah, berkat Program Bedah Rumah dalam rangka HUT ke 62 Korem 162/Wira Bhakti rumah saya bisa lebih layak untuk hidup, berkeluarga bahkan menerima tamu," papar Basuki dengan mata berkaca-kaca bercampur bahagia dan gembira.


Lanjutnya, kini rumah dengan warna hijau yang menjadi Khas warna Tentara ini juga sering menjadi tempat kumpul para tetangga. "Ini menjadi aktivitas yang dulunya hampir tidak pernah ada, karena memang sangat jarang sekali tetangga mau berkunjung. Tapi alhamdulillah, bedah rumah ini kenyamanan rumah ini bisa dirasakan dengan lainnya, yaitu para tetangga. Bersyukur dan terimakasih semua pihak yang ikut membantu khususNya Kodim 1614/Dompu," ucapnya.(D)