SMKN 1 Hu,u Lepas Peserta Didik Kelas XI untuk Jalani Prakerin
Cari Berita

Iklan 970x90px

SMKN 1 Hu,u Lepas Peserta Didik Kelas XI untuk Jalani Prakerin

Wednesday, February 1, 2023

 

SMKN 1 Hu'u Resmi Melepas Peserta Didik untuk Menjalani Kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin)


Dompu, Infobima.com - Dalam upaya peningkatan kompetensi keahlian peserta didik, SMKN 1 Hu'u, Kabupaten Dompu, resmi melepas Peserta Didik Kelas XI dari semua kompetensi keahlian guna melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin), pada Rabu (1/2/23)


Para peserta didik tersebut dilepas langsung oleh Kepala SMKN 1 Hu,u Rosyidah, S. Pd didampingi pula oleh seluruh guru yang ada. Mereka semua akan ditempatkan di beberapa daerah guna menjalani prakerin ini, daerah yang dituju antara lain Kab Dompu, Kab/Kota Bima, dan Pulau Lombok.


Acara pelepasan siswa Prakerin di hadiri oleh Kepala SMKN 1 Hu'u, Rosyidah, S. Pd, Ketua Panitia Iswan, S. Pd, (Wakakur), Wakasis Abdul Fadil, S. Pd, Waka Humas, Drs. Nasaruddin, beserta guru/wali kelas, seluruh siswa kelas XI. 


Kepala SMKN 1 Hu,u Rosyidah, S. Pd, berharap, dengan Prakerin ini para siswa yang mengikuti prakerin dapat lebih siap dalam mengikuti gambaran Dunia Usaha (DU), Dunia Kerja (DI). Dengan harapan, setelah mereka semua lulus nanti, para siswa ini dapat mengasah dan menambah ilmu pengetahuan yang akan didapat dari lapangan. 



Rosyidah, menambahkan, bahwa

tujuan Prakerin ini untuk meningkatkan mutu dan wawasan dasar siswa tentang dunia usaha atau dunia industri.


Prakerin adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya, sehingga dapat meningkatkan kompetensi sebagai wujud nyata Implementasi Kurikulum di DU/DI.


Selain itu Kepala SMKN 1 Hu,u ini juga berpesan agar seluruh siswa yang mengikuti prakerin ini dapat menjaga Almamater mereka dan nama baik sekolah selama melaksanakan Prakerin.


"Tetap disiplin dengan aturan yang sudah diterapkan oleh DU/DI tempat melaksanakan Prakerin" harapnya. 


Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana Prakerin Iswan, S. Pd (Wakakur) mengungkapkan, jika tujuan prakerin ini adalah untuk mengenalkan siswa dengan tempat kerja yang nyata, selain itu, tujuan prakerin adalah sebagai link and match antara kurikulum sekolah dengan DU/DI.


" Para siswa dapat menerapkan langsung etika skill, tata cara berkomunikasi, bersosialisasi secara nyata di DU/DI ini, dan tentunya mengasah etos kerja" ungkapnya. 


Pelaksanaan Prakerin berlangsung selama 4 bulan. Untuk tahun ini SMKN 1 Hu,u mengirim 126 orang siswa dalam mengikuti kegiatan ini, yang dibagi sesuai program keahlian masing-masing. 


"Saat kegiatan Prakerin, para siswa memiliki tanggungjawab seperti mengisi jurnal kegiatan dan melengkapi presensi melalui jurnal kegiatan. Selanjutnya siswa diharapkan juga dapat menyelesaikan laporan prakerin tentang kelengkapan nilai akhir yang di peroleh dari kumulatif nilai dari DU/DI dan nilai rapor, itu sebagai syarat untuk kenaikan kelas dari tingkat XI ke XII. (Fan)