KOMANDAN KODIM/1614 Dompu Pimpin Tanam 2000 Bibit Pohon Mangrove di Sepanjang Pesisir Pantai Soro
Cari Berita

Iklan 970x90px

KOMANDAN KODIM/1614 Dompu Pimpin Tanam 2000 Bibit Pohon Mangrove di Sepanjang Pesisir Pantai Soro

Tuesday, May 16, 2023

 


Dompu, Infobima.com - Untuk menghijaukan kembali dan rehabilitasi hutan bakau di pesisir pantai Soro, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Taufiq, S.Sos turun tangan pimpin anggotanya langsung di lokasi bersama Wakil Bupati Dompu melakukan penanaman 2000 bibit pohon Mangrove di sepanjang pesisir pantai Soro, Desa Soro Barat, Kecamatan Kempo, Kab Dompu pada hari Senin 15 mei 2023 pukul 17 00 wita.



Tujuan penanaman mangrove dilakukan oleh Dandim ini untuk mempertahankan keseimbangan, Kelestarian dan kelangsungan hidup habitat mahluk hidup di hutan bakau dan juga menciptakan potensi destinasi wisata alam pesisir pantai, tempat berkembang biaknya dan bertelurnya ikan-ikan sehingga terjadi perubahan kemajuan ekosistim di sekitar pesisir pantai Teluk Saleh itu.



Selain itu juga, tujuan utamanya  adalah untuk menahan dan mengantisipasi terjadinya abrasi (Terkikisnya air laut disekitar bibir pantai tersebut). 

Sementara dalam jangka panjangnya, program ini akan menambah perekonomian warga masyarakat nelayan di pesisir pantai Soro.



Kegiatan tersebut di ikuti oleh seluruh OPD Lingkup Pemda Dompu, termasuk Wakil Bupati Dompu, H Sahrul Parsan, ST.MT. Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav Taufiq, S.Sos. Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat SIK. Kasdim 1614/Dompu Mayor Inf M Haris SH MH. Kasat Polairud AKP Syarifudin. Sekda Dompu Gatot Gunawan PP, SKM, M.kes. Kepala Dinas LH, Jufri ST.M.Si. Kadisnakeswan Dompu. Kadistambun Ir Muhammad Syahroni M.si. Camat Kempo Drs Budirahman. Para Guru-guru SMKN 1 Kempo. Guru SDN no 10 Kempo. Guru SDN no 18 Kempo beserta Pelajar SMP, SDN dan Warga setempat.



Sementara Anggota Personil TNI yang dikerahkan pada Agenda penanaman Mangrove ini sebanyak 350 Personil, menurut Pasi Ter Kodim 1614/Dompu Kapten Inf M Yamin termasuk para Perwira Staf dan seluruh Danramil jajaranya.(D)