Babinsa Desa Mbuju Tanamkan Wawasan Kebangsaan Sejak Dini Bagi Pelajar SMP PGRI Mbuju -->
Cari Berita

Iklan 970x90px

Babinsa Desa Mbuju Tanamkan Wawasan Kebangsaan Sejak Dini Bagi Pelajar SMP PGRI Mbuju

Wednesday, July 12, 2023

 


Dompu, Infobima.com - Babinsa Desa Mbuju Sertu Mastudinnur memberikan wawasan kebangsaan sejak dini bagi pelajar SMP PGRI yang berlokasi di Dusun Kambu Desa Mbuju Kecamatan Kilo. Pada Rabu 12 Juli 2023, Pukul 08.30 Wita. 


Kegiatan yang dilakukan oleh anggota TNI ini sungguh luar biasa, karena selain menjalankan tugas pokoknya sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayah teritorial, dia juga dapat berperan aktif sebagai guru di Sekolah.


Contoh kecilnya Seperti yang di lakukan oleh Babinsa Desa Mbuju Sertu Mastudinnur saat ini. Dari Kepala Sekolah SMP PGRI, Sirajudin S.pd, sampai melayangkan surat permohonan kepada Danramil 1614-04/Kilo Kapten Inf Mahdin supaya ada kesediaan Anggota TNI (Babinsa) untuk mengisi jam pelajaran yang kebetulan materi tentang "Wawasan Kebangsaan dan PBB" untuk diajarkan pada muridnya.


Guna mengindahkan permohonan dari Kepsek SMP PGRI tersebut, Danramil langsung merespon dengan memerintahkan Babinsa Desa Mbuju untuk menjalankan tugas tersebut.


Sebagai langkah awal, Babinsa Desa Mbuju Sertu Mastudinnur, memberikan materi pelajaran tentang wawasan Kebangsaan, sekaligus memberikan materi 4 pilar utama yaitu, lima Dasar Negara (Pancasila). Landasan hukum (UUD 1945), keaneka ragaman Kebudayaan (Bhineka Tunggal Ika) dan cinta tanah air (NKRI). 


Disamping memberikan penjelasan dan pemahaman terkait 4 pilar utama tersebut, Babinsa juga memberikan ilmu penting guna membentuk fisik dan karakter yang kokoh terhadap pelajar, berupa materi PBB terhadap anak-anak murid SMP PGRI Desa Mbuju Dusun Kambu Kecamatan Kilo.


Usai kegiatan tersebut Babinsa juga menyempatkan, bahwa waktu untuk ber-komsos dengan Kepala Sekolah SMP PGRI Kambu SMP PGRI Desa Mbuju Sirajudin Spd.


"Apabila ada kegiatan seperti ini tidak usah sungkan-sungkan.  Apalagi terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Hubungi aja. Kami selalu siap mendukung dalam hal positif kapan saja."Terang Babinsa.