Disbudpar Dompu Gelar Pergelaran Budaya, Tampilkan Budaya Khas Daerah Menyambut HUT RI Ke-78 -->
Cari Berita

Iklan 970x90px

Disbudpar Dompu Gelar Pergelaran Budaya, Tampilkan Budaya Khas Daerah Menyambut HUT RI Ke-78

Sunday, August 13, 2023

 


Dompu, Infobima.com - Pemerintah Kabupaten Dompu NTB melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwasata (Disbudpar) meriahkan Hari Kemerdekaan RI Ke-78 dengan menggelar Penalaran Budaya. Saptu Malam tanggal 12 Agustus Tahun 2023.

Menyambut datangnya Hari Proklamasi ke-78, Pemkab Dompu melalui dinas Disbudpar tidak tanggung-tanggung, dimana kemeriahan kemerdekaan yang dilakukan diisi dengan beragam pertunjukan Budaya khas suku daerah kabupaten Dompu.

Kegiatan yang di lakukan tepat di depan gedung Kantor DPRD kabupaten Dompu dihadiri oleh Wakil Dompu H. Syahrul Parsan, Ketua DPRD Andi Bhactiar Par. Setda Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM.MM.Kes. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Disbudpar, Ir. Abdul Muis Msi, Kapolres Dompu, Dandim 1614 Dompu beserta Jajaran Forkopimda kabupaten Dompu.

Wakil Dompu H. Kader Jailani sebagai tamu kehormatan di dampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Dompu membuka secara resmi Pergelaran Budaya yang berlokasi di depan kantor DPRD kabupaten Dompu.

Dalam sambutannya ia menyampaikan apresiasinya atas upaya Dinas Pariwisata dan para mitra lainnya dalam menyelenggarakan acara tersebut. Pergelaran budaya yang di lakukan dengan tema "Sakaka Sama Budaya ndai Dompu Mantoi" sukses memicu reaksi masyarakat kabupaten Dompu ikut hadir dan meriahkan pagelaran tersebut.


"Acara seperti ini luar biasa, saya sungguh sampaikan terima kasih saya pada Dinas Pariwisata dan para stakeholder lainnya yang telah sukses mengelar pagelaran semacam ini, mudah_mudahan kegiatan seperti ini dapat di laksanakan setiap tahunnya, Insallah untuk anggaran sebagai penunjang kegiatan nantinya kita akan diskusi dan bahas bersama,"terang Wakil Bupati Dompu.

Lanjut Bupati Dompu mengatakan, kebudayaan Dompu saat ini sudah menjadi kekayaan serta warisan yang penting bagi kita semua untuk merawat dan menjaganya. selain itu juga, dirinya mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah kreasi para jiwa seni muda kabupaten Dompu dan sebagai ajang promosi daerah ke tingkat nasional dan internasional.

"Dompu memiliki banyak catatan sejarah yang panjang, kita ketahui bersama bahwa Dompu banyak beragam jenis kesenian serta tarian, yang menunjukan khas orang Dompu itu sendiri, pertama Kain tenun muna pa,a, timbu (Nasi Bambu) yang menjadi makanan khas orang Dompu, itu penting juga kita menjaga dan melestarikannya bersama,".

Berbagai penampilan tari tradisional daerah dan pertunjukan budaya lainnnya berjejer mengisi jadwal pergelaran budaya yang di laksanakan terlihat jelas memicu antusias masyarakat Dompu hadiri dan menyaksikan pergelaran budaya yang di gelar tersebut.

Adapun ragam kegiatan yang di lakukan mulai dari pertunjukan musik Ndiri biola Ntoko Dompu, Kareku Kandei, Aktrasi Mpaa Manca, Parade Ananguru, Ganto Massa,Tari Lopi penge, Wura Bongi Monca, Satrasa Dou Dompu, Kesenian Islam Hadra, Qasida Kaloborasi, Tari Sampela Dompu marimpu, Patu Cambe Dompu, Tari Munara Mbedi, Fhasion Show Pakaian adat Dompu,

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Dompu Ir. Abdul Muis M.Si  menyampaikan harapannya agar ajang ini dapat menumbuhkan motivasi para kreasi muda untuk melestarikan budaya leluhur.

"Di samping itu, saya juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh Wakil Bupati Dompu berserta jajaran forkopimda yang hadir menyaksikan pergelaran budaya yang di kelar hari ini, saya juga mengharapkan, mudah_mudahan  kegiatan seperti ini dapat terus dikembangkan kedepannya,"harapnya.