Ketidakpedulian dan Dekadensi Moral, Faktor Utama Kasus Amoral -->
Cari Berita

Iklan 970x90px

Ketidakpedulian dan Dekadensi Moral, Faktor Utama Kasus Amoral

Friday, September 8, 2023

 


Dompu, Infobima.com - Menanggapi kasus pemerkosaan yang terjadi di Wilayah Kecamatan Woja, yang dilakukan seorang Ayah terhadap anak kandung membuat anggota dewan dari Partai Nasdem ini prihatin. Karena itu anggota dewan yang getol menyuarakan berbagai permasalahan yang dialami masyarakatnya ini berharap adanya sikap kepedulian dari semua elemen masyarakat terutama kepedulian terhadap lingkungan sekitar.


Karena bisa jadi kata Ir. Muttakun yang juga saat ini menjabat Ketua Komisi Satu di DPRD Dompu ini mengatakan bahwa faktor pemicu dari kasus itu adalah tidak adanya kepedulian terhadap lingkungan dan Dekadensi Moral.


“Mari kita peduli pada lingkungan sekitar, sehingga bisa meminimalisir terjadinya kasus Amoral,” ujar Mutakun Jumat, (25/8) menanggapi terjadinya kasus pemerkosaan yang dilakukan seorang Ayah pada anak-anak kandungnya.


Faktor lainya juga kata anggota dewan yang selalu menyuarakan kebenaran ini, yakni ketika ada penyimpangan hukum yang terjadi di lingkungan sekitar dan bahkan terjadi didepan mata, namun yang melihat hanya diam Tampa mengambil sikap dan tindakan maka ini adalah pembiaran.


“Jangan heran, bukan aparat yang tidak melaksanakan tugas melainkan kita semua yang permisif terhadap pelanggaran yang terjadi,” ujarnya seraya berharap adanya sinergisitas dan kolaborasi dalam pencegahan dan pemberantasan berbagai penyimpangan yang terjadi dalam kehidupan di lingkungan sekitarnya.


Sementara itu seorang phisokologi Firmansyah, S. Psi, M. Mkes berpendapat bahwa faktor utama terjadinya kekerasan seksual itu diakibatkan dari seorang ayah yang sering mengakses film porno, faktor ekonomi dan juga istri yang sudah lama tidak ada di rumah.


“Latar belakang pendidikan dan spritual yang lemah juga bisa menjadi pemicu.” Ujarnya.