KPU Dompu Gelar Rapat Koordinasi Kesiapan Logistik Pemilu Tahun 2024
Cari Berita

Iklan 970x90px

KPU Dompu Gelar Rapat Koordinasi Kesiapan Logistik Pemilu Tahun 2024

Tuesday, December 12, 2023

 

Momen agenda rapat koordinasi KpU Dompu, tentang kesiapan logistik Pemilu 2024.


Dompu, Infobima.com - Dalam rangka menyatukan persepsi terhadap kesiapan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024, termasuk kelengkapan logistik.


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu menggelar rapat koordinasi, berlangsung di cafe Uma Tua, Selasa 12 Desember 2023. 


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Dompu, Kapolres, Dandim 1614 Dompu, Kesban Poldagri, Ketua Bawaslu, dan masing-masing pimpinan partai politik di Kabupaten Dompu, serta beberapa pimpinan media masa.


Rapat koordinasi ini sangat perlu dilakukan, mengingat KPU selaku penyelenggara pemilu yang menjalankan agenda negara, dan agenda daerah ini, maka, menjadi kewajiban bagi KPU untuk menyampaikan secara terbuka tentang kondisi persiapan KPU Dompu saat ini.


"Dukungan dan partisipasi dari semua pihak menjadi luar biasa bagi kami dalam menyelesaikan tugas berat ini" ungkap Ketua KPU Dompu, Arifuddin, SH, lewat agenda ini.


Dikatakan, jika di Pemilu tahun 2024 ini akan ada 5 surat suara dengan 5 pemilu. Mulai dari pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres), DPR RI, DPD, DPR Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.


" Delapan bulan kemudian kita akan disusun lagi dengan Pilkada serentak, dengan 514 kabupaten/kota di Indonesia" tandasnya.


Ketua KPU Dompu juga menyampaikan, bahwa KPU Dompu saat ini sudah menerima beberapa logistik pemilu.


"Alhamdulillah sejak satu bulan kemarin sudah hadir kotak suara, bilik suara yang berbahan kertas karton, sudah di tempatkan di gudang KPU. Satu gudang kita berada didekat Polsek Dompu sebagai gudang cadangan. Sementara untuk surat suaranya sudah semua dicetak" jelasnya.


Surat suara sendiri dicetak di PT. Pentrima yang berlokasi di Surabaya, dan kini surat suara tersebut sudah loading di pelabuhan Gresik.


" Estimasi kedatangan sekitar tanggal 17-18 Desember ini. Kita akan terima surat suara itu di pelabuhan Badasa Sumbawa dan Pelabuhan Bima. Kemudian akan digeser ke gudang KPU untuk dilakukan sortir dan pelipatan. Dan insya Allah nanti kita akan sampaikan kembali melalui kegiatan yang sama, berapa jumlah yang baik, dan berapa yang rusak kita terima " kata Ketua KPU Dompu.(D)