H. Abu Bakar Sosok Perwira Polisi Polres Bima Ternyata Memiliki Pondok Pesantren
Cari Berita

Iklan 970x90px

H. Abu Bakar Sosok Perwira Polisi Polres Bima Ternyata Memiliki Pondok Pesantren

Sunday, February 18, 2024

 


Dompu, Infobima.com - Kisah inspiratif dan sebuah cerita mengesankan datang dari seorang Perwira Polisi yang bertugas di Polres Bima Wilayah Hukum Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). 


IPTU H. Abu Bakar belum lama ini. Diketahui Ia memiliki cerita kehidupan inspiratif dan patut ditiru. Ia merupakan seorang Perwira Polisi yang berasal dari Desa Lewintana Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima. 


Usut punya usut IPTU H. Abu Bakar telah membangun dan mengelola Pondok Pesantren (Ponpes) Al Azis sejak 1 September 2020 lalu. Ponpes yang berdiri kokoh di Lingkungan Manggemaci RT. 01 RW. 01 Kelurahan Manggemaci Kecamatan Mpunda Kota Bima, telah membina santri dan santriwati sebanyak 60 orang. 


Lalu seperti apa jerih payah IPTU H. Abu Bakar membangun dan mengelola Ponpes Al Azis dan bagaimana Ia mengatur waktu sebagai seorang Abdi Negara dan disibukkan dengan mengelola Ponpes Al Azis tersebut? 


Cerita inspiratif IPTU H. Abu Bakar ternyata tidak sampai di situ, karena perjuangan panjang didalam membangun Pondok Pesantren tentu tidak mudah. Ia mengaku bahwa pesantren tersebut dibangun bersama-sama dengan beberapa pengurus dari nol. Semua dilakukan tentu dengan perjuangan. Hingga pada akhirnya kini pesantren tersebut sudah bisa berdiri dan beroperasi. 


Dikatakannya, bahwa Ponpes Al Azis yang dibangun olehnya sedari nol tersebut sudah beroperasi dan telah menampung 60 santri dan santriwati. Ia juga mampu mendatangkan guru dari Pulau Jawa. 


Ditengah kesibukannya sebagai Abdi Negara menjadi seorang Polisi, ternyata IPTU H. Abu Bakar mampu membagi waktu dengan baik. meski sibuk mengurus santri dan santriwati di Ponpes Al Azis yang Dipimpinnya, Ia tidak pernah melalaikan tugasnya sebagai seorang Abdi Negara. 


Salah seorang Pengurus Ponpes Al Azis Bapak Dodi Arifianto menuturkan bahwa Ponpes Al Azis memiliki beberapa program rutin dan ekstra kurikuler, yakni kegiatan Tahfidz Al Quran untuk usia dini sampai pra remaja, pembinaan budi pekerti/akhlak, Pembinaan Generus usia PAUD hingga pra remaja, Pengajian Al Qur'an, dan pelajaran agama sesuai dengan kurikulum serta kegiatan ekstra kurikuler seperti, magang, sepak bola, pencak silat, dan kegiatan upacara di hari-hari besar nasional. 


IPTU H. Abu Bakar saat ini berdomisili di komplek Ponpes Al Azis Kelurahan Manggemaci Kecamatan Mpunda Kota Bima, Pria kelahiran Bima tahun 1967 ini dikaruniai seorang istri bernama Tri Yuliana, dan 3 orang anak bernama Abdulloh Rizky Al Syadad (Laki-laki) saat ini mengajar di Ponpes Al AzIs, Sabrina Salsabila (perempuan) dan Jazirah Ainun Jariyah (perempuan). (TIM)