Kick Off Gala Desa, Ajak Masyarakat Untuk Sehat
Cari Berita

Iklan 970x90px

Kick Off Gala Desa, Ajak Masyarakat Untuk Sehat

Friday, October 6, 2017


Bima, koranlensapos.com
Salah satu program unggulan kementerian Pemuda dan Olahraga RI, yakni Kick Off Gala Desa. Program ini dimaksudkan untuk menghidupkan kembali budaya olah raga di masyarakat, dengan sloganAyo Olahraga”, mengajak masyarakat Indonesia untuk sehat melalui olah raga. Kabupaten Bima salah satu daerah di Nusa Tenggara Barat yang disentuh program Kick Off Gala Desa. Tentunya dengan masuk program ini di Kabupaten Bima, secara tidak langsung mengajak masyarakat Bima untuk sehat melalui olah raga. Kegiatan perdana Gala Desa 2017 di Kabupaten Bima resmi dibuka oleh Deputi Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Dr. Er. Yuni Purwati di Lapangan Desa Maria Utara Kecamatan Wawo, Jum’at pagi, (10/7/2017). Kegiatan sakral tersebut, juga dihadiri Wakil Bupati Bima, para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, para Camat dan Kepala Desa se – kecamatan Wawo. 

Wakil Bupati Bima, Drs. Dahlan M.Noer dalam arahannya menyampaikan, bahwa Kick Off Gala Desa tahun 2017 yang merupakan salah satu program unggulan  dari kementerian Pemuda dan Olahraga RI, mengajak kepada seluruh masyarakat agar menghidupkan kembali budaya “Ayo Olahraga”, sekaligus mengajak kepada seluruh masyarakat untuk aktif bergerak dan berolahraga agar tubuh kita sehat dan bugar serta menumbuhkan kembali semangat persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia khususnya yang tinggal di desa – desa. Semoga penyelenggaraan event ini dapat mengembalikan jiwa olahraga masyarakat kabupaten Bima, harapnya.  

Ditambahkan Kadisdikbudpora Kabupaten Bima, Drs. H.Supratman, AS, M.Si bahwa Kick Off Gala Desa ini untuk mendukung program menpora dalam rangka mencari bibit para Atlit handal, yang mampu mengukir prestasi ketingkat yang lebih tinggi lagi. Selain itu, penyelenggaraan ini dapat mengembalikan jiwa olahraga masyarakat Kabupaten Bima. Dikatakannya pula, bahwa dipilihnya kecamatan Wawo sebagai tempat pembukaan Kick Off Gala Desa tahun 2017 ini, dalam rangka mengenang atlit Kabupaten Bima yang lahir di kecamatan wawo yaitu Almarhum Muhammad Tayeb, beliau merupakan salah satu atelt andalan Kabupaten Bima dan telah menyumbangkan medali emas di kancah nasional, untuk itu pantaslah kecamatan wawo sebagai tuan rumah perhelatan kick off gala desa tahun 2017 ini. Adapun cabang olahraga pada kegiatan Kick Off Gala Desa ini yaitu sepak bola, atletik, bola Volly, bulutangkis, tenis meja dan taqraw. Khusus pada pertandingan sepak bola diikuti oleh 24 tim yang mewakili desa masing – masing yang ada di  18 Kecamatan. Kegiatan akan dimulai tanggal 7 Oktober sampai tanggal 2 November 2017.                    


Sementara itu, Deputi Peningkatan Prestasi dari  Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Dr. Er. Yuni Purwati mengatakan Gala Desa merupakan salah satu program unggulan Kemenpora dalam Gerakkan Nasional Ayo Olahraga. Kegiatan ini dillaksanakan serentak di 90 kabupaten/kota di Indonesia dengan harapan dalam rangka mengajak masyarakat untuk aktif bergerak dan berolahraga agar sehat dan bugar. Melalui pekan olahraga desa ini, Kemenpora juga ingin menumbuhkan kembali rasa persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia khususnya yang tinggal di desa-desa. Untuk itu kami dari Kementerian Pemuda dan Olahraga akan mensuport para pemuda agar prestasi yang diraih dapat dikembangkan pada kancah Nasional bahkan ketingkat Internasional.” Marilah kita dukung sama – sama program gala desa ini dengan memberikan apresiasi kepada para atlet yang akan berlomba. Momentum tersebut ditandai dengan penyerahan tropi / piala bergilir yang diserahkan oleh Deputi Peningkatan Prestasi dari  Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Dr. Er. Yuni Purwati kepada Wakil Bupati Bima, sekaligus melakukan tendangan pertama dimulainya kegiatan kick off gala desa tahun 2017. (Sukur Bima/H3)