HUT Ke 117, PT. Pegadaian (Persero) Area Dompu Gelar Donor Darah
Cari Berita

Iklan 970x90px

HUT Ke 117, PT. Pegadaian (Persero) Area Dompu Gelar Donor Darah

Saturday, April 7, 2018



Dompu, koranlensapos.com**Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 117, PT Pegadaian (Persero) Area Dompu di pulau Sumbawa melaksanakan kegiatan donor darah. kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa kemarin di Kantor Deputi Area Dompu yang berlokasi di Jalan udang Kelurahan Bali 1Dompu. Kepala Deputi Area, Heri Susianto mengatakan bahwa donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Dompu, Rumah Sakit Umum Dompu dan Puskesmas Kota Dompu. "Kami menargetkan 117 orang yang menjadi pendonor sesuai dengan HUT Pegadaian ke 117. Selain di Dompu, kegiatan donor darah juga dilaksanakan di Kantor Cabang di Sumbawa," ungkapnya. Selanjutnya, kata Heri darah yang disumbangkan oleh para pendonor akan diserahkan sepenuhnya kepada PMI. "Mudah-mudahan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah," ujarnya.


Pantauan langsung media ini, sejumlah kalangan berdatangan untuk melakukan donor darah. Di antaranya sejumlah PNS lingkup Pemda Dompu, anggota POLRI, TNI, Security, dan masyarakat umum. Asistem Manager Pegadaian Cabang Dompu, Gede Kresna menyebut ada beberapa pelajar SMA juga yang turut mendonorkan darah sehingga budaya donor darah dapat tertanam sejak usia dini. Sebelum dilakukan donor darah, diawali dengan proses registrasi dan cek  kesehatan. Bagi yang telah menyumbangkan darahnya diberi selembar kertas untuk pengundian doorprize. Yang beruntung dalam undian doorprize pada siang harinya mendapat beberapa hadiah menarik seperti voucher pulsa, setrika, jam dinding, tupperware, blender dan lainnya.


Dijelaskan Heri Susianto, Pegadaian didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda tahun 1901 dengan nama Bank Van Leening, yaitu lembaga keuangan yang memberikan kredit dengan sistem gadai. Pada masa awal pemerintahan Republik Indonesia berganti nama menjadi Jawatan Pegadaian. Pegadaian sudah beberapa kali berubah status, yaitu sebagai Perusahaan Negara (PN) sejak 1 Januari 1961, kemudian berdasarkan PP.No.7/1969 menjadi Perusahaan Jawatan (PERJAN), selanjutnya berdasarkan PP.No.10/1990 (yang diperbaharui dengan PP.No.103/2000) berubah lagi menjadi Perusahaan Umum (PERUM). Hingga pada tahun 2011, berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 51 tahun 2011 tanggal 13 Desember 2011, bentuk badan hukum Pegadaian berubah menjadi Perusahaan Perseroan (Persero). (Amin Dompu)