BPOM Mataram : Bahan Berbahaya Masih Banyak Dikonsumsi
Cari Berita

Iklan 970x90px

BPOM Mataram : Bahan Berbahaya Masih Banyak Dikonsumsi

Sunday, May 27, 2018


Mataram, Lensa Post NTB - Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Mataram, I Gusti Ayu Nengah Suarningsih mengatakan, pada sidak takjil yang dilakukan di tiga lokasi di Kabupaten Lombok Barat, petugas mengambil 66 sampel makanan. Dari puluhan sampel makanan tersebut, ditemukan lima makanan mengandung bahan berbahaya. Beberapa produk makanan yang mengandung bahan berbahaya tersebut seperti bumbu pelecing, kerupuk dan mie basah.
Tiga makanan tersebut diakui sudah sering ditemukan mengandung bahan berbahaya. Adapun bahan berbahaya yang biasa digunakan yaitu rhodamin B atau pewarna buatan dan boraks. Rodamin B kerap digunakan oleh masyarakat agar makanannya bisa terlihat lebih menarik. Sehingga para produsen dinilai sulit diberikan kesadaran untuk berhenti menggunakan bahan berbahaya tersebut.
BBPOM dan instansi terkait lainnya akan melakukan pengawasan sampai ke tingkat distributor. Sementara penggunaan rhodamin B di terasi, BBPOM mengaku belum bisa melakukan tindakan tegas. Karena terasi biasanya dikirim dari luar daerah. Meski penggunaan bahan berbaya terjadi tren penurunan namun pembinaan harus tetap dilakukan. (Tim Lensa Post NTB)