Kepala Dinas Dikbud Kota Bima Lounching Gerakan Menanam Tingkat Dinas di SMPN 15 Kota Bima
Cari Berita

Iklan 970x90px

Kepala Dinas Dikbud Kota Bima Lounching Gerakan Menanam Tingkat Dinas di SMPN 15 Kota Bima

Thursday, January 21, 2021

Kota Bima, Media Info Bima Online - Jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima melakukan Louncing Gerakan Menanam yang di canangkan oleh Walikota Bima di Kelurahan Nitu beberapa hari lalu. Kadis Dikbud Drs. H. Supratman, M. AP yang didampingi Sekertaris Dinas, Kabid Dikdas, Kasi PTK, Korwas, Dewan Pendidikan dan Ketua Komite Sekolah. Kamis (21/01/2021)


Kepala SMPN 15 Kota Bima Abdi, S.Pd. dalam laporan singkatnya mengatakan kegiatan gerakan menanam ini yang dicanangkan oleh Walikota Bima perlu ditindak lanjuti dan sesuai arahan Kadis Dikbud pada saat rapat MKKS SMP pada hari Selasa 18 Januari 2021 di SMPN 11 Kota Bima bahwa sekolah ujuk tombak dalam mengerakan menanam kepada siswa, kepada guru-guru dan TU misalnya siswa kelas 7 siswa baru harus menanam dan sekaligus memeliharanya 1 pohon bunga atau tanaman tahunan. Seiring dengan SMPN 15 Kota Bima memiliki program "SEKOLAHKU RIAS" (Lingkungan: Rindang, Indah, Asri dan Sehat). Terima kasih pada Kadis dan jajaranya, Dewan Pendidikan, Korwas dan Komite sekolah berkenang bisa hadir dalam gerakan menanam di sekolah kami dengan bersama untuk mengembangkan sekolah Kota Bima rasa pedesaan, ujar Abdi. 


Sebelum acara gerakan menanam, Kadis dan jajarannya menyempatkan diri monitoring Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di era Covid-19 di tiap kelas dan melihat lebih dekat WC yang di inovasi menjadi ruang UKS dan memberikan suport atas kewirausahaan yang di lakukan oleh Kepsek. 

Kadis H. Suratman mencek WC yang disulap menjadi ruang UKS oleh Abdi Kepsek SMPN 15 Oi Fo'o.


Dalam sambutannya, H. Supratman, saya apresiasi khusus kepada Kepala SMPN 15 Kobi "negeri di atas awan" dan jajarannya yang pertama melakukan gerakan menanam baik menanam bunga maupun pohon tahunan. Semoga gerakan menanam insya Allah di ikuti oleh sekolah-sekolah lain untuk mencintai lingkungan yang Asri. Kegiatan gerakan menanam harus di gerakan terus di sekolah maupun di luar sekolah, sebab gunung di Kota Bima sudah gundul. Saatnya kita tanam untuk 1 pohon satu orang dipilihara oleh guru, TU, Siswa dalam mengatasi hutan yang gundul sehingga tidak menimbulkan bajir. 


Lebih lanjut H. Supratman mengatakan, siapa lagi kalau bukan kita yang memulai dan memeliharanya. Sekolah menjadi gardan terdepan dalam memulai gerakan menanam yang dilakukan oleh kepsek dan seluruh elemen di sekolah, tepuk tangan buat SMPN 15 Kobi yg memulai gerakan menanam ini, kata Kadis sembari memberikan acungan jepol yang di lakukan pihak SMPN 15 Kobi hari ini Kamis. 


Secara terpisah, Wakasek Humas Dra. Fauzah yang didampingi oleh Wakasek lainnya yakni Sri Maryani, SE, menambhakna bahwa semua kegiatan Kepsek selalu melakukan diskusi dan rapat dengan pimpinan terlebih dahulu baru di lakukan secara purna di tingkat guru-guru dan TU. Selain itu komunikasi secara inten dengan seluruh warga sekolah Kepsek intens melakukan silaturahim dengan Komite Sekolah dan warga lainnya dengan terbukti acara ini bisa hadir langsung Ketua Komite Usman H. Samiun. 


Kata Sri Maryani, bahwa manajemen kepemimpinan kepsek Abdi itu menggunakan manajemen terbuka dalam menggerakan sekolah ini yang di tandai program kerja di musyawarahkan terlebih dahulu dengan seluruh komponen terkait. Disamping itu, manajemen administrasi menjadikan acuan seperti RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah), RKT (Rencana Kerja Tahunan), Program Supervisi Akademik dan lain-lain mulai di tatanya secara berkala, beber Sri Maryani didampingi Fauzah. (Usman).