Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Akan Dilaksanakan di Pemprov NTB
Cari Berita

Iklan 970x90px

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Akan Dilaksanakan di Pemprov NTB

Thursday, February 25, 2021

Dompu, Media Info Bima Online - Simpang siurnya jadwal dan tempat pelaksanaan Pelantikan Bupati Dan Wakil Bupati terpilih yang melaksanakan pilkada serentak per 09 Desember 2021 lalu, nampaknya masih menjadi tanda tanya. Pasalnya, walaupun pada tanggal 15 Februari 2021 pihak Pemprov NTB telah mengusulkan Pelantikan kepala daerah ini akan dilakukan tanggal 26 Februari 2021 pekan ini dan dilakukan secara virtual pada daerah masing-masing, ternyata belum menemui titik final juga.

Gubernur NTB yang dikonfirmasi melalui Asisten Pemerintahan, Eva Parangan pada Lintas Samudera.com melalui pesan WhatsApp pribadinya menjelaskan, jika mengacu pada hasil vicon yang digelar pada tanggal 15 februari lalu bersama Kemendagri  disampaikan bahwa pelantikan akan dilakukan di kabupaten kota masing-masing kepala daerah terpilih yang dilakukan secara virtual antara tanggal 26 - 28 februari 2021 pekan ini.

Selain itu juga, kata Eva bahwa Pemerintah Propinsi NTB juga telah bersurat secara resmi ke Kemendagri guna meminta ijin untuk melaksanakan acara pelantikan kepala daerah terpilih ini secara hybrid yaitu secara langsung dan virtual, artinya kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih akan dilantik di provinsi, sementara undangan lainnya tetap di kabupaten dan kota masing-masing dan menyaksikan Pelantikan ini hanya secara virtual saja yang Pelantikan nya akan dilaksanakan pada tanggal 26 februari 2021 Jumat pekan ini.

Sementara kata Eva, keputusan mengenai jadwal pelantikan saat ini masih menunggu hasil vicon dengan Kemendagri yang telah dilaksanakan Rabu pagi tanggal 24 februari 2021 terkait pelantikan ini.

"Hal lain mengingat kita masih dalam keadaan pandemi covid19, maka untuk merayakan pelantikan ini saya minta dilaksanakan tidak  terlalu berlebihan, tidak perlu ada pengerahan massa dan sejenisnya serta tetap taat terhadap Protokol Kesehatan melalui 5 M nya,"demikian kata Eva menjawab pertanyaan Lintas Samudera.com.

Sementara Plt. Karo Pemerintahan Pemprov NTB, Japar melalui pesan WhatsApp nya menjelaskan bahwa secara langsung kegiatan pelantikan Bupati dan wakil Bupati terpilih akan dilaksanakan tanggal 26 Februari 2021 bertempat di gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB yang hanya dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati/Walikota/Wakil walikota bersama 1 orang pasangan (Suami, istri dan atau anak saja).

Kegiatan ini dilakukan secara Virtual dan masing-masing Kabupaten Kota yang menghadiri kegiatan pelantikan ini pada wilayahnya masing-masing hanya akan dihadiri oleh Plh. Bupati dan Walikota, jajaran forkopimda, Komisioner KPU, Bawaslu dan Parpol Pengusung saja.

"Kegiatan ini dilakukan Secara Live streaming yang memang disediakan untuk diakses masyarakat secara luas yang ingin menyaksikan acara pelantikan Bupati wakil Bupati dan Walikota wakil Walikota terpilih,"jelas Japar menjawab pertanyaan Lintas Samudera.com.

Informasi juga yang berhasil dihimpun media ini dari sumber berita yang berada dibagian Pemprov NTB juga bahwa pelantikan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Hasil Pilkada serentak hanya akan dilaksanakan oleh 6 kabupaten  Kota di NTB saja, dan kegiatan pelantikan ini akan dilaksanakan dengan 3 cara yakni, Pelantikan dilaksanakan untuk 6 (enam) Bupati dan Wakil Bupati/ Walikota dan Wakil Walikota kecuali Kabupaten Sumbawa saja karena Sumbawa sendiri masih dalam proses penyelesaian sengketa di Mahkamah Konstitusi.

"Pelantikan kepala daerah terpilih ini tetap dilaksanakan pada tanggal 26 Februari Jumat lusa dan dilaksanakan sesuai rekomendasi Prokes Tim Satgas Covid 19 NTB,"tandas sumber berita. (Usman).