Kasus DBD Wilayah PKM Dompu Barat Meningkat, 24 orang Teridentifikasi Positif
Cari Berita

Iklan 970x90px

Kasus DBD Wilayah PKM Dompu Barat Meningkat, 24 orang Teridentifikasi Positif

Monday, March 8, 2021

 

Kepala Puskesmas Dompu Barat Muzakir, SKM


Dompu, Infobima.com - Kasus Demam Berdarah (DBD) untuk wilayah kerja Puskesmas (PKM) Dompu Barat meningkatkan.


Sebanyak 24 orang teridentifikasi positif kasus DBD, hal ini dikatakan kepala Puskesmas Dompu Barat Muzakir, SKM yang ditemui disela kegiatan Rapat Lintas Sektor Bidang Kesehatan yang berlangsung di cafe Laberka Dompu. Senin (8/3/2021).


"Aduh..cukup meningkat sekali, lebih kurang 24 orang terkena DBD dan bahkan ada yang meninggal dunia 1 orang, inilah yang harus menjadi PR kita bersama, karena bicara soal DBD tentu kita bicara soal lingkungan" Pungkasnya.


Dengan begitu, Kepala Puskesmas Dompu Barat Muzakir, SKM, berharap kepada semua lintas sektoral agar sama-sama bisa memberikan edukasi kepada masyarakat melalui kegiatan sosialisasi supaya masyarakat bisa memperhatikan lingkungan bersih dan sehat dengan melaksanakan 3M Plus.

"Membersihkan, Menguras, Menutup Bak dan kaleng-kaleng, insya Allah, dan yang paling utama dilakukan adalah pemberantasan sarang nyamuk yang harus dilakukan melalui kegiatan Jumat bersih" Harapnya.


Dengan meningkatnya kasus DBD yang terjadi, Kepala Puskesmas Dompu Barat kini gencar melakukan pemberantasan sarang nyamuk melalui penerapan 3M plus. Menurutnya, pemberantasan sarang nyamuk harus dilakukan pada masing-masing pemilik rumah atau melalui kegiatan Jumat bersih oleh  lintas sektor karena itu sangat efektif dalam mencegah terjadinya DBD karena diyakini mampu membasmi hingga jentik-jentik nyamuk yang berkembang biak.


"Kalau fogging itu hanya mampu memberantas nyamuk-nyamuk besar saja, sedangkan nyamuk kecil yang berkembang biak tidak mampu diberantas. Saya berharap masyarakat bisa terapkan perilaku hidup bersih dan sehat saja" Katanya.


Dikesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Maman, SKM, M.M.Kes juga menyampaikan, jika Kabupaten Dompu kini telah menyumbang angka 3 orang dalam kematian DBD, untuk itu ia mengajak semua pihak supaya bersama-sama dalam melakukan pemberantasan sarang nyamuk melalui pembersihan lingkungan masing-masing dengan 3M plusnya.


"Fogging hanya membunuh nyamuk dewasa saja tidak dengan jentik-jentiknya. Tapi permintaan fogging kami akan layani namun yang terpenting harus melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan membersihkan lingkungan melalui 3M plusnya" Katanya.(Din)