Kodim 1608 Bima Bersama KPH Maria Donggo Masa Lakukan Penyuluhan Penghijauan Hutan dan Lahan
Cari Berita

Iklan 970x90px

Kodim 1608 Bima Bersama KPH Maria Donggo Masa Lakukan Penyuluhan Penghijauan Hutan dan Lahan

Saturday, March 13, 2021

Foto : Dandim 1608/Bima bersama KPH Mari Donggo Masa saat kegiatan penyuluhan penghijauan lahan dan hutan pada TMMD ke-110 Kodim 1608/Bima



Bima, Media Info Bima Online - TMMD ke- 110 Tahun 2021 Kodim 1608/Bima tampaknya tidak hanya menyasar pada kegiatan fisik, program TNI TMMD juga pada kegiatan non fisik seperti menggelar beberapa penyuluhan yang dapat bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah dan masyarakat.



Salah satu kegiatan non fisik yang digelar pada program lintas sektoral ini adalah penyuluhan mengenai penghijauan lahan dan hutan yang dilakukan dengan menggandeng instansi terkait dan diikuti komponen masyarakat yang berperan cukup besar dalam kegiatan penghijauan.

Komandan Kodim 1608/Bima Letkol Infanteri Teuku Mustafa Kamal mengatakan, kegiatan penyuluhan penghijauan lahan dan hutan pada TMMD ini menggandeng KPH Maria Donggo Masa. Ini adalah suatu upaya dalam menjaga kelestarian alam disamping melaksanakan tugas utama melaksanakan pembangunan di Desa Tolo Uwi, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.


Dandim menyampaikan beberapa hal terkait penghijauan lahan dan hutan pada sejumlah warga dan anggota satgas TMMD ke-110 Kodim 1608/Bima.


“Ya, ada beberapa hal yang menjadi ancaman jika lahan dan hutan tidak segera dilestarikan kembali, salah satunya yang kita alami beberapa tahun terakhir ini, yaitu dapat mengakibatkan bencana banjir bandang, tanah longsor, asap, dll,”tutur Dandim saat memberikan penyuluhan yang digelar di lokasi TMMD ke-110 Kodim 1608/Bima, Jumat (11/3/2021) pagi.


Mantan Danyonif Raidersus 744/SYB itu menjelaskan, penyuluhan ini dilakukan untuk memberikan wawasan dan memotivasi agar lahan dan hutan dapat lestari kembali sehingga tidak menjadi dampak bencana yang berkepanjangan, apalagi kita lihat sekarang kondisi hutan kita benar- benar kritis.


“Kita berharap semua pihak untuk mengambil bagian di dalam mengembalikan fungsi lahan dan hutan menjadi asri seperti sediakala,”imbaunya.



Sementara itu, warga Desa Tolo Uwi Karya mengucapkan terima kasih atas adanya penyuluhan penghijauan lahan dan hutan yang diprakarsai Kodim 1608/Bima hari ini.


“Kita berharap instansi terkait mampu bertindak dan mencari solusi terbaik untuk mengendalikan kondisi lahan dan hutan di Bima sekarang,” pungkas warga. (Usman).