Camat Rasanae Barat (Rasbar) Kota Bima Gelar Musrembang Tingkat Kecamatan
Cari Berita

Iklan 970x90px

Camat Rasanae Barat (Rasbar) Kota Bima Gelar Musrembang Tingkat Kecamatan

Friday, April 2, 2021

Kota Bima, Media Info Bima Online - Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima, Gelar Rencana Penyusunan Musyawarah Pembangunan (Musrembang) Tingkat Kecamatan, Kegiatan di Aula Kantor Camat Rasbar setempat, Kamis, (01/04/2021)


Turut hadir dalam Musrembang tersebut, yakni Kepala Bappeda Litbang Kota Bima, Drs. H. Fakhruranji, M.E, Sekertaris Bappeda, Syarif Rustaman, M.Si, Dinas PUPR Kota Bima, diwakili oleh Kabid SDA Isdinurrahman, ST, MT. Kasubbag AP Kota Bima, masing-masing Lurah, organisasi kemasyarakatan dan tokoh masyarakat lainnya.

Camat Rasanae Barat Kota Bima, Hj. Suharni, SE, melalui Sekcam Rasbar, Basuki Widodo, S.Sos, mengatakan, Musrenbang merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan yang meliputi bidang pembangunan, infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pertanian, perikanan dan perekonomian. Harapannya dalam Musrembang ini, untuk penetapan tahun 2021.


Tujuan kegiatan Musrembang ini, untuk menampung aspirasi, kemudian menentukan skala prioritas kegiatan yang akan disampaikan dalam forum OPD dan Musrembang RKPD Tingkat Kota Bima.


“Diharapkan kepada setiap Lurah bersama warga yang hadir untuk mengusulkan program skala prioritas. Ini sangat penting, karena menyangkut kebutuhan masyarakat banyak” katanya.


Widodo, menuturkan, Musrembang merupakan amanat undang-undang yang harus dijalankan. Sekaligus bagian dari upaya untuk memaduserasikan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Bima.


Setiap aspirasi masyarakat juga sangat penting untuk diakomodir dalam setiap program pembangunan, hanya saja tetap mengacu pada kepentingan umum dan berdasarkan kemampuan anggaran daerah.


Ditambahkan Widodo, usulan Lurah dan warga tetap akan diakomodir berdasarkan asas kepentingan umum. Pihaknya juga siap membantu kebutuhan masyarakat, tutup Widodo, mewakili Camat Rasanae Barat Kota Bima, Hj. Suharni, SE.

Kepala Bappeda Litbang, H. Fakhruranji, M.E, mengatakan Dalam (Musrembang), ucapan terimakasih banyak kepada segenap OPD di Tingkat Kecamatan Rasbar, Lurah, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat sempat turut hadir dalam rangka memenuhi Undangan Camat Rasbar untuk mengikuti Musrembang ini. 


Karna Musrembang ini, sudah diatur dalam UU No 25/2004 tentang sistem perencanaan. Juga diatur dalam UU No 29 tentang Pemerintah Daerah, disetiap tahunnya baik ditingkat Kelurahan, Kecamatan, maupun di Tingkata Kota Bima tersebut


Tujuan Musrembang adalah mengsingkronisasikan usulan dari Kepala/Kelurahan maupun tokoh masyarakat yang diusulkan.


Ditambahkan Fakhruranji, bahwa usulannya harus 5 program prioritas sesuai kebutuhan dan ditetapkan pada saat melakukan Musrembang di Tingkat Kelurahannya masing-masing, seperti di Bidang Infrastuktur apa saja, Bidang Pemsos Apa saja, dan dibidang Ekonomi juga, katanya


“Karna Rencana pembangunan ditahun 2021 menggunakan sistem online dengan EE Musrembang maupun EE planing Musrembang, merupakan usulan dari Kepala Kelurahan didiskusikan di Pemkot Kota Bima, mengandung sistem khusus.


Lanjutnya, dalam Musrembang ini juga merupakan wadah para Camat Rasanae Barat, Lurah Se-Kecamatan Rasbar, maupun Tokoh Masyarakat untuk dapat meyakinkan SKPD agar program usulannya dapat teralisasi.

Sementara itu, Dinas PUPR Kota Bima, melalui Kabid SDA, Isdinurrahman, ST.MT, menyampaikan, ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan karena berkaitan dengan kebijakan-kebijakan pembangunan di masa yang akan datang. Musrenbang, kata Isdinurrahman, harus menyamakan visi dan misi, selaras dengan arus pembangunan dan tema yang di usung Pemerintah Kota Bima agar tidak terjadi tumpang tindih kebijakan.


Dilanjutkan Isdinurrahman, Musrenbang ini juga merupakan forum antar para pelaku pembangunan di tingkat kecamatan yang bertujuan untuk membahas hasil daftar usulan dari Kelurahan, sekaligus sebagai bahan masukan untuk penyempurnaan dari rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bima tahun 2021, yang diselaraskan pula dengan sumber-sumber perencanaan lainnya.


“Wali Kota Bima berpesan, agar para peserta musyawarah di Musrenbang ditingkat Kecamatan ini, bisa memprioritaskan usulan untuk kegiatan peningkatan IPM dan pemberdayaan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai upaya mengentaskan kemiskinan di Kota Bima,” tutup Isdinurrahman, (Usman).