BAN PT Tetapkan IAIN Bima Penuhi Syarat, Terima Mahasiswa Baru
Cari Berita

Iklan 970x90px

BAN PT Tetapkan IAIN Bima Penuhi Syarat, Terima Mahasiswa Baru

Monday, May 24, 2021

Foto : Prof. Dr. H. Muhammad, M. Pd, MS., dan Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, MA, Selaku Panitia Pendiri IAIN Negeri Bima.


Mataram, Media Info Bima Online - Menindaklanjuti surat Nomor B-1087/DJ.I/Dr.I.III/PP.07/04/2021 tanggal 14 April 2021 terkait permohonan memenuhinya syarat minimum akreditasi membuka program studi baru, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menetapkan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bima melalui rapat pleno Dewan Eksekutif.


‘’Penetapan kampus negeri ini berdasarkan syarat perguruan tinggi peringkat akreditasi baik setelah diterbitkannya keputusan menteri dan program studi tersebut telah tercatat pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-DIKTI),’’ ungkap Ketua Komite Pendirian Kampus IAIN Bima, Prof. Dr. H. Muhammad, M. Pd, MS.


Menurutnya, pengakuan BAN PT yang ditandatangani oleh Direktur Dewan Eksekutif Prof. Dr. T. Basaruddin itu berdasarkan pada sejumlah kriteria yang menjadi kriteria untuk mengukur dimensi pendidikan tinggi dan telah disepakati pada tingkat nasional, regional, atau internasional.


Institusi resmi negara yang menilai dan menerbitkan akreditasi dan program studi sesuai pada ketentuan pasal pasal 25 ayat 1 Permendikbud Nomor 7 tahun 2020 bahwa perguruan tinggi dapat mengajukan usulan peringkat akreditasi baik ke BAN-PT.


Menurut Prof. Muhammad bahwa Walikota Bima H. Muhammad Lutfi adalah figur dan tokoh pendidikan di Kota Bima yang sudah mampu memberikan spirit pada tim pembentukan IAIN Bima. Dirinya pun mengucapkan terima kasih yang mendalam pada Walikota yang memiliki visi besar mendirikan Kampus IAIN Bima.


“Alhamdulillah karena hasil ini merupakan perjuangan keras semua unsur pihak termasuk Komite Pendirian IAIN Bima, Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE, Sekda Kota Bima, dan terutama Menteri Agama dan seluruh jajarannya, sehingga akreditasi minimum dari BAN-PT untuk pendirian IAIN Bima telah terbit,” ungkapnya.


“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat akhirnya akreditasi minimum dari BAN-PT untuk pendirian IAIN Bima telah terbit. Insya Allah IAIN Bima akan segera terwujud,” tambahnya.


Pada penerimaan mahasiswa baru ini, IAIN Bima membuka 9 Program Studi yakni Tadris IPA, Tadris Bahasa Inggris, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Perbankan Syariah, ilmu Al Qur’an dan Tafsir, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah. (Usman).