Dinas P3A Kota Bima Mengikuti Lomba Inovasi Pelayanan Publik
Cari Berita

Iklan 970x90px

Dinas P3A Kota Bima Mengikuti Lomba Inovasi Pelayanan Publik

Monday, May 17, 2021



Foto : Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE. Louching Kota Layak Anak.


Kota Bima, Media Info Bima Online - Dinas PP&PA Kota Bima mengikuti kegiatan lomba inovasi Pelayanan Publik untuk kategori Inovasi Pelayanan Publik Responsif Gender yang diadakan oleh KemenPANRB, kegiatan ini sudah dimulai dari bulan Maret 2021 dan berakhir pada bulan mei 2021. kegiatan ini dilakuan secara sistem yaitu, Dinas/Badan/BUMN yang mengikuti kegiatan diarahkan untuk melakukan upload data dan Dokumen yang sesuai dengan Inovasinya di Aplikasi Sinovik, Senin, (17 Mei 2021).


Inovasi Pelayanan Publik adalah terobosan jenis pelayanan publik baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan kata lain, inovasi pelayanan publik sendiri tidak mengharuskan suatu penemuan baru, melainkan pula mencakup satu pendekatan baru bersifat kontekstual baik berupa inovasi pelayanan publik hasil dari perluasan maupun peningkatan kualitas pada inovasi pelayanan publik yang ada.


Adapun Inovasi yang sudah dilakukan oleh Dinas PP&PA Kota Bima yang ada di Rumah Aspirasi Pemberdayaan Perempuan antara lain sbb :


1. Kebaruan/keunikan terlihat dari adanya perempuan Kota Bima bergerak secara terstruktur mendukung berbagai kebijakan. Aktifitas ini berbeda dengan sebelum Rumah Aspirasi Pemberdayaan Perempuan (RAPP) diluncurkan.


2. Nilai tambah, yaitu terbentuknya komunitas-komunitas perempuan penyangga pembangunan disetiap kelurahan. hal ini tentu saja memberikan dampak yang sangat baik dalam berbagai hal seperti menurunnya kekerasan terhadap perempuan dan anak, perempaun menjadi cerdas, kuat dan berintegritas, mengetahui hak dan kewajibannyadan bahkan membentuk kelompok-kelompok produktif dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya.


3. Keunggulan dalam penyelesaian masalah-masalah perempuan dan anak. tidak ada lagi permasalahan perempuan yang tidak dilaporkan dicarikan alternatif solusi terbaiknya.


4. Didukung Aplikasi SIRAPP (yaitu aplikasi lapor digital yang dapat diunduh di playstore, (Usman).