Anggota DPR RI HMS: Tanam Pohon Mangrove di Pesisir Kabupaten Dompu Dengan Seluas Lahan 28 Hektar
Cari Berita

Iklan 970x90px

Anggota DPR RI HMS: Tanam Pohon Mangrove di Pesisir Kabupaten Dompu Dengan Seluas Lahan 28 Hektar

Thursday, June 10, 2021

Dompu, Media Info Bima Online - Anggota DPR RI H. Muhammad Syafrudin, ST.MM, Fraksi PAN Dapil NTB I (Pulau Sumbawa), Usai melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis bersama Petani Milenial di Dinas Pertanian Kabupaten Dompu, langsung menuju tempat kegiatan penanaman pohon Mangrove, di Desa Mawi Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Rabu, (09/06/2021).


Saat melaksanakan penanaman pohon Mangrove H. Muhammad Syafrudin, ST.MM, yang ditemani dari Ditjen pengelolaan dan ruang laut Departemen Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia bersama warga setempat.



HMS mengatakan, supervisi ini adalah upaya dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir, dengan adanya pohon Mangrove bisa membantu ekosistem dari pada bintang laut seperti ikan, kepiting dan udang. Oleh karena itu harapan mereka dengan adanya Mangrove ini, kepiting dan udang bisa bermutu dan berkualitas.


Dia katakan, bahwa ada tiga lokasi yang akan dilaksanakan penanaman pohon Mangrove ini, pertama di Desa Mawi Kecamatan Woja Kabupaten Dompu dengan luas lahan 28 hektar, seperti hari ini kita laksanakan, sebanyak, 950.000 pohon Mangrove katanya.


Kedua, di Kabupaten Bima tepatnya di Desa Laju Kecamatan Langgudu dengan luas lahan sekitar lebih kurang 8 hektar, insyaallah besok kita laksanakan penanaman pohon, dan ketiga di Kabupaten Sumbawa tepatnya Desa Pernang dengan luas lahan lebih kurang 10 hektar, tutup HMS.


Zulkarnain selaku Kelompok pengawas kelautan Desa Mawi Kecamatan Woja Kabupaten Dompu mengatakan, dirinya merasa bersyukur karena kami sangat terbantu, apalagi kami selaku budidaya tambak bernelayan di teluk samawi," penanaman pohon Mangrove sangat membantu untuk penaggulangan anti bentuk biotik Mangrove laut"jelasnya


Lanjutnya, sehingga melibatkan populasi reproduksi hasil tangkap nelayan itu harus ada mangrove, maka kami sangat terkejut ketika ada program HMS yang merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PAN tersebut. Sehingga kami sangat mendukung dan berpartisipasi untuk menanam pohon Mangrove dengan seluas 28 hektar sebanyak 950.000 pohon.


"Penanaman pohon Mangrove disamping untuk penanggulangan juga secara ekonomi masyarakat sangat terbantu yaitu mampu menjaga ekosistem, ketika ekosistem terpenuhi maka habitat laut itu terjaga dan lestari"tuturnya


Zulkarnain berharap, semoga HMS tetap menjadi yang terbaik karena beliau adalah sosok anggota DPR RI yang sangat peduli terhadap masyarakat dan mengerti apa keinginan masyarakat. Kami tetap mendukung beliau walaupun beliau menjadi nomor satu di Nusa Tenggara Barat NTB. (Usman)