Bupati Dompu Paparkan Potensi Wisata Kabupaten Dompu Ke-Menteri Pariwisata RI: Sandiaga Uno
Cari Berita

Iklan 970x90px

Bupati Dompu Paparkan Potensi Wisata Kabupaten Dompu Ke-Menteri Pariwisata RI: Sandiaga Uno

Sunday, June 13, 2021

Bima, Media Info Bima Online - upaya mengembangkan dan memajukan industri Pariwisata di Kabupaten Dompu, Bupati Dompu, Abdul Kader Jaelani, menghadiri undangan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di Pantai Lawata Kota Bima, Minggu, (13/06/2021) malam Senin.


Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Pulau Sumbawa-NTB.


Kegiatan ini hanya dihadiri oleh 5 Kabupaten/Kota, Bupati Dompu, Wali Kota Bima, Bupati Bima, Perwakilan Bupati KSB, dan Perwakilan Bupati Sumbawa Besar, Bupati Dompu mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan rencana program pengembangan potensi pariwisata di depan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Kabupaten Dompu yang dinahkodai Abdul Kader Jaelani juga mendapatkan kesempatan yang sama untuk mempresentasikan potensi Pariwisata Bumi Nggahi Rawi Pahu.


Abdul Kader Jaelani di depan Menteri Pariwisata RI, Sandiaga Salahudin Uno, dengan gamblang memaparkan secara sistematis proposal rencana program dan pengembangan pariwisata terlebih mengenai pengembangan kawasan Satonda.

Rencana pengembangan kawasan tersebut di dasarkan beberapa alasan yang mendasar, yakni. Kawasan Tambora dan sekitarnya merupakan kawasan strategis nasional pariwisata. Kawasan Satonda, Tambora dan pantai Lakey merupakan kawasan penyanggah antara destinasi yang super-super prioritas yang telah ditetapkan, yaitu antara destinasi Mandalika dan Labuan Bajo. 


Kemudian kawasan Satonda sudah terintegrasi dengan balai taman nasional Tambora Geopark dan Keberadaan kawasan Satonda berada dalam jalur yang strategis antara Benoa Pulau Bali dan Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur. Dimana lalu lalang wisatawan mancanegara yang melakukan traveling di antara kedua destinasi tersebut cukuplah masif.


Itulah beberapa alasan mengapa kawasan Satonda menjadi prioritas untuk dikembangkan dan mengharapkan dukungan dari pusat.


Abdul Kader Jaelani tidak hanya memaparkan dan menggambarkan potensi-potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Dompu. Ia juga menaruh harapan di depan Pak Menteri, termasuk bagaimana menjadikan pantai Lakey sebagai lokasi ivent surfing internasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi paparan Bupati Dompu. Menurutnya, Kabupaten Dompu memang memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa di kembangkan bersama.


Sandiaga pun menyatakan akan membantu pengembangan wisata yang ada di Kabupaten Dompu, melalui program-program nanti.


Selain itu, Sandiaga menyampaikan insyaallah pekan depan akan hadir kembali di NTB yakni Kabupaten Dompu atas permintaan Bupati Dompu dan masyarakat Dompu untuk melihat langsung Destinasi dan Pariwisata yang ada di Kabupaten Dompu.


"Semangat dan tekad Bupati AKJ untuk menggaungkan pariwisata luar biasa, jadi saya melihat sendiri semangat beliau" Kata Sandi.


Di akhir kegiatan, Menteri RI Sandiaga Salahuddin Uno, Bupati Dompu, Wali Kota Bima, Bupati Bima, Perwakilan Bupati KSB, dan Perwakilan Bupati Sumbawa Besar, saling menukar cenderamata secara simbolis sebagai wujud komitmen dalam memajukan dan mengembangkan industri Pariwisata di Pulau Sumbawa-NTB. (Usman).