Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima, Laksanakan Diklat 30 Orang Keterampilan Tekhnis
Cari Berita

Iklan 970x90px

Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima, Laksanakan Diklat 30 Orang Keterampilan Tekhnis

Thursday, June 17, 2021

Bima, Media Info Bima Online - Sekitar 30 orang pengelola Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) se-Kabupaten Bima, mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Keterampilan Teknis, di Hotel Parewa Kota Bima.


Diklat direncanakan akan digelar selama seminggu. Dibuka secara resmi oleh Asisten III Setda Bima, Drs H Arifuddin HMY, mewakili Bupati Bima, Kamis, (17 Juni 2021).


Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Iwan Setiawan SE, dalam sambutannya mengatakan, jumlah Diklat yang akan dilaksanakan hari ini terdiri dari lima angkatan.

Dengan menggunakan anggaran dari dana DAK non fisik, yang bersumber dari Kementerian.


“Diklat ini merupakan kegiatan yang kedua, dimana pesertanya tidak nginap,”ujar Kadis Koperasi dan UMKM.

Dijelaskan Kadis Iwan, Diklat diikuti oleh 30 peserta. Berasal dari beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Bima.


Sedangkan, Pematerinya adalah dari praktisi, Master Mentor dan para ahli di bidangnya, tutup Iwan.

Sementara itu, Asisten III Setda Kabupaten Bima, Drs. H Arifuddin mengatakan, Diklat keterampilan teknis bagi usaha kecil dan menengah sangat penting.


Dan wahana bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia.


Yang nantinya diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, keterampilan dan etos kerja produktif. Serta dapat menumbuhkan jiwa wirausaha yang merupakan modal dasar dalam menjalankan usaha.


Dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat dan kompetitif, serta masuknya era digitalisasi pengembangan sumber daya manusia dan UMKM menjadi prioritas utama, dan secara konsisten terus dilakukan oleh pemerintah.


Sektor ini, bisa memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional.


“Pemerintah Kabupaten Bima sangat fokus dan konsisten, serta akan terus-menerus menumbuhkembangkan usaha mikro kecil menengah ini,”ujar Asisten.


Pemerintah berharap Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bima, selaku leading sektor, diharapkan mampu mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan UMKM.


Yang memiliki dedikasi, competent, disiplin, ulet, cerdas dan handal. Serta siap kerja dalam mengelola dan mengembangkan usaha kecil dan menengah.


Diakhir sambutannya, Arifudin berharap, semoga kegiatan Diklat ini berjalan sesuai yang diharapkan bersama, aman, dan lancar, (Usman).