Jembatan Dijadikan TPS; Kadis DLH; Kita Upaya Cegah dengan Penerangan Lampu Hias
Cari Berita

Iklan 970x90px

Jembatan Dijadikan TPS; Kadis DLH; Kita Upaya Cegah dengan Penerangan Lampu Hias

Thursday, June 3, 2021

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dompu, H. Albuhairum, M.Si


Dompu, Infobima.com - Hampir semua jembatan di wilayah kota Dompu, Kabupaten Dompu dijadikan tempat pembuangan sampah (TPS) oleh masyarakat, bahkan persoalan inipun kini sedang ngetrend-nya dibahas oleh berbagai kalangan di media sosial (WhatsApp Grup), hingga Dinas Lingkungan Hidup (DLH)-pun disorot karena menaungi persoalan itu.


Sorotan tajam mengenai masalah sampah ini, jelas, tamparan bagi DLH, sebab, adanya sampah di setiap sudut jembatan sangat mempengaruhi keindahan kota Dompu itu sendiri.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dompu H. Albuhairum, M.Si, yang ditemui Kamis 3 Mei 2021 mengakui adanya hal itu, pihaknya mengaku bahwa itu semua terjadi karena masyarakat yang tidak mempunyai kesadaran untuk tidak membuang sampah di tempat-tempat jembatan, bahkan papan larangan yang sudah dipasang diabaikan oleh masyarakat.



Diakui oleh Kadis DLH, kalau masyarakat itu kerap membuang sampah dimalam hari, untuk itu pihaknya berusaha mengurangi tindakan masyarakat itu dengan memasang lampu hias pada setiap jembatan yang dijadikan TPS oleh masyarakat.


"Jembatan yang sudah kita pasangin lampu hias adalah, jembatan Rasanggaro, Jembatan Sori Wono, Jembatan Rabalaju sama jembatan Mangge Na'e" Jelasnya.


Dengan memberikan penerangan lampu hias terhadap beberapa jembatan tersebut, diakui juga oleh Albuhairum bahwa itu merupakan langkah efektif untuk mencegah masyarakat membuang sampah.


"Alhamdulillah setelah kita pasang lampu ini sudah agak berkurang, walaupun masih ada satu-duan orang yang masih bandel membuang sampah, tapi kami tetap angkut tiap hari ko" pungkasnya.


Kadis DLH Dompu berharap, mudah mudahan dengan dipasangnya lampu hias ini timbul kesadaran masyarakat untuk tidak membuat lagi sampah di tempat itu, sebab menurutnya, pemasangan lampu hias itu bukan hanya untuk memberikan penerangan semata namun itu akan memperindah kota Dompu dan bahkan akan mengurangi terjadinya kecelakaan.(Din)