Pemilik Tiga CV Pelaksanaan Program RHL Akui Pekerjaan itu Gagal
Cari Berita

Iklan 970x90px

Pemilik Tiga CV Pelaksanaan Program RHL Akui Pekerjaan itu Gagal

Thursday, June 24, 2021

 

Rifa'id, Pelaksanaan Proyek Program RHL di Dompu NTB


Dompu, Infobima.com - Rifa'id, pemilik tiga CV yaitu CV  Johar Putra, CV Gerubang Jaya dan CV PIP, sebagai pelaksana proyek program rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) di tiga wilayah di Kabupaten Dompu NTB, yaitu wilayah Anamina, Banggo, dan Riwo Kecamatan Woja, yang dikonfirmasi media ini, Rabu 23 Juni 2022.


Kepada media ia mengakui jika program RHL tersebut memang gagal, karena tingkat pertumbuhan bibit kayu yang ditanam tidak mencapai standar/minimal sebagai syarat untuk dilakukan serah terima kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi NTB.


"Saya akui bahwa pekerjaan kita itu gagal karena kayu yang ditanam itu hanya tumbuh 20 sampai 30  persen saja" Kata Rifa'id.


Dikatakan Rifa'id, meskipun hanya 20 sampai 30 persen kayu yang tumbuh, dengan sisa waktu masa akhir pemeliharaan ini ia mengaku masih bisa dilakukan penyulaman dan perawatan kembali untuk bisa memenuhi standar kesuksesan pekerjaan minimal 75 persen.


"Kami yakin bisa mencapai standar kesuksesan, dengan sisa waktu pemeliharaan itu kita akan lakukan penanaman dan perawatan, sekarang kita sedang menyediakan kembali bibit untuk kita lakukan penanaman diawal musim hujan tahun 2021 ini, kalau kita tanam sekarang, itu tidak mungkin karena sudah masuk musim kemarau. Kita harus bisa mencapai target, karena standar target untuk bisa dilakukan serah terima itu harus 75 persen kesuksesan, sedangkan kami, kalau tidak mampu mencapai itu tidak akan dibayarkan" Pungkasnya.


Progres pertumbuhan kayu ditiga tempat yang mencakup kinerja Rifa'id selaku pemilik tiga CV sekaligus pelaksana program RHL ini, untuk wilayah Desa Banggo ada 35 persen yang berhasil tumbuh, Anamina 20 persen dan Riwo 35 persen.


"Dari tiga tempat itu memiliki progres pertumbuhan masing-masing. Kami yakin akan mampu memaksimalkan pertumbuhan kayu ini sampai mencakup angka 75 persen" Kata dia 


Untuk mencapai kesuksesan pertumbuhan kayu yang ditanam, Rifa'id berharap adanya dukungan dari semua unsur dalam mendukung program tersebut.


"Saya selaku pelaksana kegiatan berharap dukungan dari semua unsur di Dompu ini, mulai dari Pemerintah Daerah, Legislatif, LSM dan Kelompok masyarakat. Tidak mungkin pekerjaan ini akan berhasil kalau tidak ada dukungan dari semua pihak"Ucap dia.(Din)