Seleksi Penjaringan Peserta Lomba KSN Tingkat Kab.Dompu Segera Dilakukan Dinas Dikpora
Cari Berita

Iklan 970x90px

Seleksi Penjaringan Peserta Lomba KSN Tingkat Kab.Dompu Segera Dilakukan Dinas Dikpora

Wednesday, June 2, 2021

 

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikpora Kabupaten Dompu, Jainal Afrodi, S.Pd,MM


Dompu, Infobima.com - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu, kini tengah melakukan persiapan penjaringan peserta lomba Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat SD di masing-masing kecamatan untuk persiapan seleksi Peserta KSN tingkat Kabupaten yang mulai digelar pada bulan juni sampai November 2021 mendatang.


Dalam seleksi lomba kompetisi sains nasional tingkat Kabupaten yang hendak digelar, akan dilaksanakan secara daring dan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Pada KSN ini ada dua mata pelajaran ampuh yang akan di lombakan, yaitu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).


Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Dikpora Kabupaten Dompu Jainal Afrodi, S.Pd, MM yang ditemui pada Rabu 2 Mei 2021 menjelaskan, jika dalam mempersiapkan perseta lomba KSN di tingkat Kecamatan nanti, pihaknya akan menggunakan metode penjaringan seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu melalui seleksi manual namun tetap memperhatikan protap kesehatan.


"Kenapa kami akan melakukan seleksi manual karena keterbatasan sarana. Dan kenapa kami juga melakukan seleksi lebih awal untuk tingkat kabupaten ini, supaya anak-anak yang lolos seleksi ini, itu kami siapkan untuk lomba KSN tingkat Nasional" Pungkasnya.


Peserta yang lolos dalam seleksi KSN tingkat Kabupaten nanti, Dinas Dikpora akan terus membekali mereka ilmu pengetahuan dengan penguatan kapasitasnya sebelum diberangkatkan ke tingkat nasional.


"Nanti kita akan membentuk tim pengawalan untuk anak-anak kita untuk penguatan kapasitasnya dalam persiapan mengikuti lomba. Dan tim yang akan kami rekrut nanti adalah guru, yang akan menjadi pembimbing untuk anak-anak kita yang lolos nanti" jelas Kabid Dikdas yang biasa disapa Dae Fery ini.


Untuk tahun 2021 ini, Fery menargetkan dua orang perwakilan yang bisa mewakili Kabupaten Dompu dalam lomba KSN tingkat Nasional, mengingat tahun 2021 ini lebih matang dalam mempersiapkan diri ketimbang tahun sebelumnya yang hanya diwakilkan satu orang karena faktor sistem dan jaringan yang tidak matang dipersiapkan.


"Makanya kesiapan kita secara ITE insya Allah tahun ini kami akan mempersiapkan secara maksimal, agar kiranya apa yang kita targetkan bisa tercapai" jelasnya.(Din)