Kadis Kominfotik NTB, Hati-Hati, Akun Palsu Nama Pejabat Kian Meresahkan
Cari Berita

Iklan 970x90px

Kadis Kominfotik NTB, Hati-Hati, Akun Palsu Nama Pejabat Kian Meresahkan

Monday, August 2, 2021

Foto : Kadis Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin, Amy, MM.


Mataram, Media Info Bima Online - Warga masyarakat NTB dihimbau untuk waspada saat berselancar di media social. Pasalnya, akhir-akhir ini banyak akun palsu yang mengatasnamakan pejabat tertentu untuk mengelabui para korban dengan modus meminta uang.


Kadis Kominfotik Provinsi NTB, DR, Nazamudin Amy, mengatakan, dari semua kejahatan itu, kebanyakan hecker memanfaatkan nama pejabat seperti Gubernur dan Wakil Gubernur NTB untuk strategis jitu bagi pelaku kejahatan.


“Mengatasnamakan pejabat tertentu merupakan salah satu strategis pelaku untuk mendapatkan perhatian lebih dari korbanya, “kata Dr Najam.


Najam berpesan kepada warga NTB, untuk tetap waspada jika mendapatkan pesan yang mencurigakan dari pelaku kejahatan di medsos. Karena secara akal sehat, tidak mungkin seorang pejabat apalagi Gubernur maupun Wakil Gubernur meminta uang dengan cara seperti itu.


Dr Najam meambahkan, dibalik perkembangan teknologi informasi saat ini tentu dibarengi dengan berbagai jenis kejahatan yang dilakukan oleh hecker. Modus tindak kriminalnya juga beragam. Mulai dari percakapan menanyakan kabar hingga meminta transfer uang dengan berbagai macam alasan yang membuat para korban lengah dan merasa empati.


“Hal-hal seperti itu yang harus kita tingkatkan kewaspadaan. Jangan sampai kita lengah dan tetap waspada saat bermedia social, “ungkapnya. (Usman).