Kali Keduanya: Sekdis Perkim Kab. Bima, Silaturahmi Dengan BUMDes Desa Sondo Kecamatan Monta Selatan
Cari Berita

Iklan 970x90px

Kali Keduanya: Sekdis Perkim Kab. Bima, Silaturahmi Dengan BUMDes Desa Sondo Kecamatan Monta Selatan

Wednesday, September 15, 2021

Monta Bima, Media Info Bima Online - Kali Keduanya Sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Bima, A. Rifaid, ST, melakukan  silaturrahim dan konsolidasi dengan Pengurus BUMDes Desa Sondo Kecamatan Monta Selatan, atau Monta Dalam di Kantor Desa Sondo. 


Hadir dalam kegiatan silaturahmi tersebut, yakni, Kisman 2000, Bhabinkantibmas, Pengurus Bumdes Desa Sondo, Toga, Toma, Pemuda Desa Sondo dan undangan lainnya. Selasa,14/09/2021.


Rifaid dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini, akan terus kita lakukan sebagai bagian dari upaya membangun rasa Ukhwa Islamiyah yang selama ini sempat terputus.


Sambung A.Rifai, bahwa dirinya mewakili Daerah Kabupaten Bima akan berkomitmen untuk membangun Kecamatan Monta Selatan atau Monta Dalam. Sehinga nantinya kita dapat bersinergi antara satu dengan yang lainnya.


Kita semua sangat dibutuhkan sinergitas bersama, etos kerja untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan tersebut.


Dalam hal membangun dan mengembangkan BUMDes harus tahapan 1. Pembentukan Modal, 2. Penguatan modal dan yang ke-3 Pengembangan Modal.

Mantan Kabag APE ini, tentu sangat memahami secara jelas bagaimana agar BUMDes ini bisa berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan kita bersama. 


Salah satunya adalah membentuk modal yang berasal dari Anggaran Dana Desa, kalau dulu harus ada simpan pinjam dari Anggota itu sendiri, baik modal pokok maupun modal simpanan wajib. 


Demikian juga terkait dengan modal yang harus dimiliki oleh kelompok tersebut, lalu dari pembentukan modal sudah di perkuat, selanjutnya penguatan modal usaha sebagai bagian dari pemeliharaan jangan sampai uang tersebut di salah gunakan, baik oleh pengurus itu sendiri, maupun nasabah yang akan meminjam uang tersebut. 

Yang paling penting menurutnya, Rifaid adalah Pengembangan modal usaha, ungkapnya.


Sehingga kita dapat menjelaskan bahwa dalam rangka pengembangan modal usaha diperlukan adanya kerjasama dengan semua pihak, terutama dari struktur organisasi juga terhadap masyarakat lainnya. 


Ini sangat diperlukan keterbukaan dan transparansi terhadap pemasukan dan pengeluaran, sekecil atau sebesar apapun yang dilakukan tentunya harus dengan keterbukaan sehingga ke-3 bagian diatas dapat diminimalisir dengan baik dan benar. 


Sementara itu, Kisman selaku Ketua BUMDes Desa Sondo, mengucapkan terimakasih, kepada Bapak Rifaid Selaku Sekretaris Dinas (Perkim), Kabupaten Bima, atas kehadiran serta partisipasi terhadap semua pihak, sudah memberikan arahan saran dan usulan demi mewujudkan pembangunan yang diharapkan.


Selain itu juga, kami berharap ada upaya kerjasama yang baik kedepannya antara satu dengan yang lainnya, pertama dan utama bagaiamana agar usaha dalam bentuk simpan pinjam ini terlaksana dengan baik dan benar, harapnya. (Usman)