Sebanyak 639 Orang Calon Mahasiswa Baru, (MABA) STKIP Bima, Ikuti Ospek dan PKKMB
Cari Berita

Iklan 970x90px

Sebanyak 639 Orang Calon Mahasiswa Baru, (MABA) STKIP Bima, Ikuti Ospek dan PKKMB

Wednesday, September 1, 2021

Kota Bima, Media Info Bima Online - Sebanyak 639 orang Calon Mahasiswa baru (MABA) STKIP Bima angkatan tahun 2011-2012 yang diterima melalui jalur undangan, prestasi dan bidik misi serta jalur ujian tulis, jalur Seleksi Mandiri, Online, dan datang langsung di Kampus STKIP Bima, mengikuti upacara Penerimaan Mahasiswa Baru dan, (PKKMB) perkenalan kegiatan kampus mahasiswa baru, di Halaman Kampus STKIP Bima, Rabu, (01/09/2021).


Dengan Tema "Mencetak generasi yang Unggul, Humanis, dan Berdaya Saing Nasional dan Internasional. 

Ketua STKIP Bima, Dr. Nasution, M.Pd, melaporkan, sejumlah Calon Mahasiswa Baru, (MABA) STKIP Bima tahun 2021-2022, dari jalur Seleksi Online, Mandiri, Pendaftaran langsung di Kampus STKIP Bima, dengan 7 Jurusan yakni. 

- Pend. Fisika : 40 orang

- Pend. Biologi :136 orang

- Pend. Ekonomi : 120

- Pend. Matematika : 75 orang

- Pend. Kimia : 17 orang

- Pend. Sosiologi : 121, dan

- Pend. BK : 130 orang. Sehingga total jumlanya sebanyak, 639 Orang.


Tahun ini, Alhamdulillah STKIP Bima juga menerima mahasiswa dari berbagai Daerah baik Kota Bima sendiri, Kabupaten Bima, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, maupun diluar Daerah. 


Selain itu masih ada beberapa mahasiswa baru di Luar Daerah yang tidak bisa hadir untuk mengikuti Ospek hari ini, dikarenakan Covid-19, seperti NTT, Jawa Barat, Lombok, Sulawesi Selatan, dan Sumbawa, sekitar 30 orang Calon Mahasiswa STKIP Bima, dan Insyaallah mereka akan mengikuti KBM bersama kita nanti, bahkan masih ada calon mahasiswa meminta untuk membuka pendaftaran. Kata Ketua STKIP Bima, Nasution.

Nasution, menyampaikan untuk menghasilkan lulusan yang sama-sama kita cita-citakan, STKIP Bima terus berusaha melakukan internalisasi nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan melalui kegiatan akademik dan non akademik, baik melalui kegiatan kurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstra kurikuler.


STKIP Bima mulai tahuh ini memasuki tahun yang kesekian kalinya kurikulum baru, yang salah satunya adalah mewajibkan mahasiswa mengambil mata kuliah Pendidikan Kewirausahaan yang diharapkan dapat membekali lulusan untuk memiliki spirit kemandirian.


Calon mahasiswa baru STKIP Bima juga diwajibkan mengikuti perkuliahan Bahasa Inggris yang diharapkan dapat dijadikan bekal untuk memasuki tantangan global.

Selanjutnya STKIP Bima mendorong semua mahasiswa memiliki keterampilan kepemimpinan, karena itu semua ormawa diharapkan dari tingkat jurusan hingga universitas, mampu menjadi media yang dapat menfasilitasi untuk praktek kepimpinan. Ingat.


Dijelaskan, dengan percaturan global dewasa ini, STKIP Bima bertekad menuju Kampus STKIP Bima Bertaraf Internasional di bidang pendidikan. Di satu sisi, STKIP Bima berusaha untuk melakukan benchmarking program dan proses pendidikan bertaraf internasional, di sisi lain STKIP Bima berusaha untuk go internasional dalam bidang keunggulan-keunggulan lokal, baik berkenaan dengan budaya, seni maupun bahasa ke masyarakat dunia.

”STKIP Bima memang perlu, di satu sisi menyiapkan lulusan yang mampu bersaing secara internasional, namun di sisi lain STKIP Bima juga ingin sekali menyiapkan lulusan yang mampu mendesiminasikan dan mengangkat keunggulan lokal untuk dapat diakses dan dinikmati oleh masyarakat dunia, karena keunikannya.


Untuk mendorong keterlibatan mahasiswa yang lebih optimal, maka setiap mahasiswa diwajibkan memiliki kemampuan bahasa asing minimal, sehingga pada akhirnya mereka mampu berkomunikasi secara efektif, ketika berhadapan dengan masyarakat global,” lanjutnya. (Usman).