Marak Terjadi Kriminalitas, LSM LERA Temui DPRD dan Pemda Dompu Cari Solusinya
Cari Berita

Iklan 970x90px

Marak Terjadi Kriminalitas, LSM LERA Temui DPRD dan Pemda Dompu Cari Solusinya

Wednesday, November 10, 2021

 

Audensi LSM LERA bersama Anggota DPRD dan Pemerintah Kabupaten Dompu (Pemda) Soal Meningkatnya Kriminalitas


Dompu, Infobima.com - Kasus kekerasan hingga mengakibatkan korban luka bahkan menghilangkan nyawa, marak terjadi di wilayah Kabupaten Dompu. Pemerintah pun diminta untuk mencari solusi dalam menekan angka kriminalitas ini. 



"Bupati Dompu dan DPRD Dompu agar segera canangkan solusi terkait aksi pemanahan dan pembacokan," kata Wakil ketua LSM LERA, Wahyudin pada media ini Rabu (10/11/2021). 




Menurutnya, kasus kekerasan yang akhir-akhir ini marak terjadi yakni pemanahan dan pembacokan, sangat meresahkan warga terutama yang ingin melakukan aktifitas pada malam hari. Pasalnya, tindakan ini kerap terjadi pada malam hari.  



"Marak terjadi pemanahan dan pembacokan di Kabupaten Dompu telah membuat resah banyak masyarakat yang menikmati indahnya Dompu pada saat suasana malam," kata Wakil ketua LSM LERA, Wahyudin pada media ini Rabu (10/11/2021). 



Wahyu menyebutkan, kasus pemahaman hingga kasus pembacokan sering terjadi di wilayah Kecamatan Woja, Kecamatan Pajo, Kecamatan Dompu dan wilayah lainnya yang dilakukan oleh orang tak dikenal (OTK) dan beraksi pada malam hari. 



"Dengan maraknya kejadian pemanahan dan pembacokan, seharusnya Bupati  Dompu bersama DPRD pihak kepolisian resor Dompu dan OPD terkait sudah memikirkan tentang regulasi baik itu berbentuk Perda dan Perbup penanggulangan aksi pemanahan dan pembacokan," tuturnya.



"Bila perlu aktifkan kembali dan turunkan patroli setiap hari di jam malam oleh pihak kepolisian demi mencegah aksi pemanahan dan pembacokan," sambungnya.



Sebagai Pemuda, Wahyu mengaku sangat resah dengan sikap para pelaku yang berkeliaran seakan mencari mangsa di malam hari. Bahkan untuk berpergian atau beraktivitas di malam hari pun dipikir dua kali. 



"Untuk berpergian di waktu malam untuk menjenguk sanak saudara yang sakit, perasaan kami selalu dihantui oleh rasa was-was karena takut dipanah dan dibacok oleh orang yang tidak dikenal," ujarnya. 



Demi mencegah dan menciptakan Kamtibmas Dompu yang kondusif, LSM LERA mendesak DPRD Dompu untuk segera melakukan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Pemda Dompu, Polres Dompu, OPD, Polres Dompu, Kodim Dompu, OKP dan LSM se Kabupaten Dompu untuk membahas terkait regulasi penanggulangan pencegahan pemanahan dan pembacokan yang marak terjadi di kabupaten Dompu.(Tim)