Masuk Musim Hujan, Pemda Dompu Himbau Waspada Banjir dan Angin Kencang
Cari Berita

Iklan 970x90px

Masuk Musim Hujan, Pemda Dompu Himbau Waspada Banjir dan Angin Kencang

Friday, November 12, 2021

Kepala Bagian Protokol Komunikasi dan Pimpinan (Prokopim) Setda Dompu, Ardiansyah, SE


 Dompu, Infobima.com - Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Kepala Bagian Protokol Komunikasi dan Pimpinan (Prokopim) Setda Dompu, Ardiansyah, SE menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Dompu untuk selalu waspada terjadinya banjir, angin kencang dan tanah longsor karena saat ini sudah mulai masuk musim hujan.


"Kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama masyarakat yang bermukim di sepanjang bantaran sungai atau daerah rawan bencana untuk senantiasa waspada karena saat ini daerah kita sedang memasuki awal musim hujan, kemungkinan terjadinya banjir, angin kencang, atau juga tanah longsor akan terus mengintai" Tandasnya.


Ancaman bencana dalam memasuki musim penghujan tahun ini sudah diawali dengan meluapnya air sungai, seperti Sungai Laju dan Sungai Silo akibat  lebatnya hutan selama dua jam pada Kamis,(11/11/21) sekitar pukul 16.30 Wita, sehingga berdampak pada terendamnya sejumlah rumah dibeberapa titik di dua Kecamatan di Dompu.


"Ada beberapa lokasi yang terdampak banjir kemarin, yaitu Kecamatan Dompu terdiri dari Lingkungan Kotabaru, Kelurahan Bada, Lingkungan Ujung Pandang Kelurahan Balisatu, Lingkungan Mantro Kelurahan Bada, Lingkungan Kampo Samporo, Bali Timur, Lingkungan Sigi Kelurahan Karijawa. Sementara di Kecamatan Woja, terdiri dari Desa Wawonduru, Kelurahan Kandai Dua" jelasnya.


Kata pria yang juga bertindak sebagai Juru Bicara Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu ini, penyebab banjir yang terjadi tersebut disamping akibat hujan deras yang berlangsung selama  dua jam di wilayah Kabupaten Dompu disamping  juga akibat semakin menumpuknya sedimentasi yang ada dititik sungai.


"Menumpuknya sedimentasi yang terbawa oleh arus air hujan ikut membuat sungai menjadi dangkal sehingga membuat debit air sungai menjadi tinggi dan meluap ke pemukiman penduduk" Imbuhnya.


Meski demikian, Bupati Dompu Kader Jaelani saat ini langsung memerintahkan seluruh Pimpinan OPD yang dikoordinasikan oleh Kepala BPBD untuk menghimpun bantuan tanggap darurat untuk membantu warga yang terdampak bencana, dalam meringankan beban masyarakat.


"Sejumlah Pimpinan OPD langsung bergerak ke lokasi untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan warga, seperti bantuan nasi bungkus dan makanan siap saji serta yang lainnya" Kata Simpe Dian (akrab disapa Ardiansyah, SE) selaku Kabag Humas Setda Dompu, mewakili Bupati.


Simpe Dian juga menambahkan,

"Para korban banjir ini adalah saudara-saudara dan keluarga kita semua, untuk itu mari ikut ambil bagian dalam meringankan beban mereka dengan sedikit memberikan bantuan sesuai kemampuan masing-masing" Ajaknya.(Din)